Breaking News

Bupati dan Wabup Lombok Utara Terima Kunjunggan Dirjen Dukcapil RI Teguh Setyabudi

 


Bupati dan Wabup Lombok Utara, H Djohan Syamsu - Danny Karter Febrianto menerima kunjungan kerja Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang di pusatkan di Ruang Pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Utara, Selasa,(19/9-2023). Foto Ist/Jaharuddin.S.Sos


Lombok Utara (postkotantb.com) - Bupati dan Wabup Lombok Utara, H Djohan Syamsu - Danny Karter Febrianto menerima kunjungan kerja Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang di pusatkan di Ruang Pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Utara, Selasa,(19/9-2023).

Sebelum dimulainya acara, rombongan Dirjen Dukcapil RI, Teguh Setyabudi menyaksikan "Tari Kembang Sembah" dari Sanggar Tari Pandawi yang merupakan binaan Dispar Kabupaten Lombok Utara.


Bupati Lombok Utara, H Djohan Syamsu mengucap selamat datang kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri RI yang telah datang ke Kabupaten Lombok Utara dan memberikan pembinaan mengenai administrasi kependudukan.

Djohan Sayamsu menyampaikan bahwa, administrasi kependudukan masyarakat sangat diperlukan khususnya saat menjelang masa masa pemilu saat ini.

Menurutnya, jika pelayanan kependudukan bagus, maka kepercayaan masyarakat untuk memilih kembali akan jauh lebih baik dan lebih tinggi dari tahun sebelumnya, kata Djohan Syamsu di hadapan Direktur Jenderal Dukcapil RI, Teguh Setyabudi dan sejumlah para undangan yang hadir.

Selain itu, imbuhnya, administrasi kependudukan berguna terhadap hal yang menyangkut infrastruktur yang dirasakan, serta berbagai hal kemudahan untuk pendidikan dan kesehatan, termasuk masalah sertifikat,” katanya.

Sementara Direktur Jenderal Dukcapil RI, Teguh Setyabudi, sendiri mengatakan, salah satu tugas dan peranan dari Dirjendukcapil RI beserta Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota adalah memberikan pelayanan yang sangat mendasar, khususnya yaitu pelayanan administrasi kependudukan terkait berbagai dokumen kependudukan sipil, agar bisa terlayani dengan sebaik-baiknya, apalagi menjelang tahun politik, pemilu serentak, pilkada serentak tahun 2024, memastikan masalah perekaman KTP el nantinya bisa sesuai target.
“Dan diharapkan juga, sehingga nanti semua bahkan potensi-potensi pemilih yang akan masuk di dalam pemilu dan Pilkada nanti bisa terekam,” ucapnya.


Ia berharap, dengan adanya kunjungan ini, pihaknya dapat mengetahui hambatan apa saja yang ada di Kabupaten Lombok Utara mengenai administrasi kependudukan.

Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat bisa mendapatkan dokumen kependudukan baik itu KTP, akta lahir, maupun kartu identitas anak dengan mudah.


“Tapi bukan hanya akta lahir dan kartu Identitas anak pak, kita harapkannya juga begitu anak lahir nanti langsung dapat KK yang baru, karena tambah anak otomatis KK-nya baru, syukur-syukur dengan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil bekerja sama dengan BPJS, nanti anak langsung dapat kartu BPJS,” tandasnya.

“Dan diharapkan juga, sehingga nanti semua bahkan potensi-potensi pemilih yang akan masuk di dalam pemilu dan Pilkada nanti bisa terekam,” ucapnya.

Usai acara di Dinas Dukcapil KLU, rombongan langsung di bawa ke Kantor Bupati dalam acara ramah tamah dan makanan siang.

Selanjutnya rombongan Dirjen Dukcapil RI menuju Desa Senaru Kecamatan Bayan menghadiri acara "Gawe Gubuk" tahun yang di pusatkan di Desa Senaru Kecamatan Bayan.
"Gawe Gubuk" mendekatkan pemberian pelayanan kepada masyarakat dengan cara turun langsung ke desa-desa yang melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara, Dinas Kesehatan, BPJS , PKK Kabupaten dan Kecamatan Bayan. Desa Senaru ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan "Gawe Gubuk" tahun 2023 oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.


"Gawe Gubuk" mendekatkan pemberian pelayanan kepada masyarakat dengan cara turun langsung ke desa-desa yang melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara, Dinas Kesehatan, BPJS , PKK Kabupaten dan Kecamatan Bayan.

Kegiatan ini direspon positif dan antusias masyarakat Desa Senaru dikarenakan kegiatan ini mempermudah masyarakat dalam mengurus seluruh dokumen yang dibutuhkan, mulai dari Kependudukan sampai dengan Kartu BPJS / Kartu Indonesia Sehat (KIS). (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close