Breaking News

Dukung Langkah Pemerintah Melalui Program RLH, Babinsa: Ini Memiliki Dampak Positif Ganda




Foto Ist/postkotantb.com


Lombok Tengah (postkotantb.com)- Dalam rangka mendukung Program Rehabilitasi Lahan dan Hutan (RLH), melalui inisiatif Babinsa Sertu Sukiadi membawa manfaat besar bagi lingkungan warga dusun Batu Gulung desa Prabu kecamatan Pujut Lombok Tengah.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah membantu masyarakat dalam pembuatan bedeng polibek untuk penanaman benih pohon secara masal.


"Langkah ini memiliki dampak positif ganda, yakni mengurangi deforestasi serta meningkatkan kehijauan wilayah di kawasan prabu dan sekitarnya," ujar Sertu Sukiadi Kamis, (14/9/2023).

Menurutnya, pembuatan bedeng dan mengisi kantong polibek untuk penyemaian benih pohon dilakukan Babinsa bersama warga dusun Batu gulung yang merupakan salah satu kelompok Tani Subur Makmur yang mendapatkan Program Kebun Bibit Rakyat (KBR) dari dinas kehutanan, merupakan program pemerintah untuk menyediakan bibit tanaman hutan dan jenis tanaman buah buahan.

Bedeng polibek adalah struktur sederhana berbentuk bedengan yang terbuat dari bahan polibek atau plastik bening. "Fungsinya adalah sebagai rumah kaca mini untuk melindungi benih pohon dari kondisi cuaca ekstrem, serta memberikan kondisi optimal bagi pertumbuhan awal tanaman," kata Sukiadi.

Melalui bantuan Babinsa, masyarakat dapat memulai penanaman pohon dengan lebih efisien dan efektif dan mudah di aplikasikan baik secara individu maupun kelompok.

Karena, penting untuk diingat bahwa penanaman pohon memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Pohon berperan sebagai penyerap karbon dioksida dan penyedia oksigen bagi manusia, terlebih di kawasan prabu," jelasnya.

Selain itu, pohon juga berkontribusi dalam menjaga kestabilan tanah dan habitat bagi berbagai spesies hewan yang ada di kawasan prabu yang notabenenya adalah bekas kawasan galian tambang.


Karena melalui kolaborasi antara masyarakat dan Babinsa, Program RLH menjadi lebih dari sekadar kampanye, melainkan sebuah aksi nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

"Semoga langkah ini dapat menginspirasi komunitas lain untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mulai dari hal hal yang kecil," Tandas Sukiadi. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close