Breaking News

Ketua Didampingi Sekretaris DPRD Kabupaten Sumbawa Terima Kunjungan Mahasiswa Universitas Samawa

 


Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH,  menerima kunjungan puluhan mahasiswi Universitas Samawa (UNSA) Selasa (26/9/2023). FOTO IST/ LALU INDRAWAN


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH,  menerima kunjungan puluhan mahasiswi Universitas Samawa (UNSA) Selasa (26/9/2023)

Dalam kesempatan itu perwakilan mahasiswa Nuraini menyampaikan maksud kedatangannya untuk menjalin silaturahmi dan menambah wawasan tentang tugas dan fungsi DPRD  dan sekretariat DPRD sebagaimana tugas dari Kampus.

Hadir mendampingi Anggota DPRD I Nyoman Wisma,Sekretaris DPRD  Ir. A.Yuni dan Staf Ahli Badan Anggaran.

Atas hal itu ketua DPRD Abdul Rafiq SH menyambut dengan gembira kedatangan para mahasiswi. "Kantor DPRD adalah rumah rakyat, tempat masyarakat menyampaikan segala aspirasinya termasuk pelajar dan mahasiswa, mereka bisa datang ke kantor untuk bertemu para wakilnya. Maka kebahagiaan Kami adalah mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat, dan itulah sumpah dan janji saat dilantik menjadi Anggota DPRD " Tegas Rafiq.

Kemudian lanjutnya, Tugas pokok dan fungsi DPRD ada 3 yakni Legislasi, Budgeting dan Pengawasan. Fungsi legislasi adalah membentuk Peraturan daerah (Perda) bersama Bupati. Fungsi anggaran membahas dan memberikan persetujuan rancangan Perda mengenai APBD yang diajukan oleh Bupati dan fungsi pengawasan melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD yang oleh eksekutive" Jelas Rafiq.

Dikatakan oleh pria yang juga Ketua KONI Sumbawa ini, Masyarakat atau rakyat adalah tuan dari DPRD, Kami adalah pelayan dan berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Ditanyakan mengenai kesan atau pahit manis selama menjadi Ketua DPRD, Rafiq mengungkapkan, bahwa selama menjadi ketua DPRD ada pasang dan surut suasananya ada masa tegang, senggang, sedih dan gembira. Itu adalah hal biasa namun yang paling penting adalah bahagia menjadi penyambung lidah rakyat.

"Kalian adalah aset bangsa. Jalani setiap proses pembelajaran dengan baik, pintar-pintarlah dalam menyesuaikan diri dan jangan lupakan apalagi abai dengan falsafah tau Samawa.Taket Ko Nene kangila Boat Lenge, dan falsafah Adat barenti ko sara, Sara barenti ko kitabullah. Dengan mempedomani ini, bekal untuk menjadi sukses dan maju dimasa depan dapat diraih. Tutup Rafiq dan Diamini mahasiswi.


Ditambahkan oleh Sekretaris DPRD Ir.A Yani, bahwa tugas sekretariat DPRD adalah menunjang segala pelaksanaan tugas konstitusional DPRD. " Kami di sekretariat DPRD berfungsi mengatur rumah tangga Kantor DPRD, menunjang pelaksanaan tupoksi Dewan termasuk dalam rangka peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD" terangnya singkat. (Lalu/Ruf)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close