Breaking News

Mahasiswa UTS Inisiasikan Gerakan Bank Sampah Berbasis Desa

 


postkotantb.com/Irwanto Messa


Sumbawa Besar (postkotantb.com )-
Masalah sampah di beberapa Desa merupakan persoalan yang sangat klasik dan hampir berlarut di tengah masyarakat. Ini menjadi sumber perhatian yang mendalam, terutama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa.

Pembuangan sampah ke sungai menjadi suatu pilihan yang tidak tepat karena akan mengganggu ekosistim dan kualitas Air di Desa. Sehingga perlunya sosialisasi dan memberi pemahaman lebih lanjut mengenai sistem Bank sampah yang akan dilaksanakan di desa.


Sanapiah Kepala Desa Berora Kecamatan Lopok Kabupten Sumbawa

"Berangkat dari kekhawatiran akan masalah sampah di Desa ,Mahasiswa KKN UTS termotivasi untuk mengambil tindakan dalam upaya mengatasi permasalahan pengelolaan sampah dengan melakukan program Bank sampah untuk warga Desa Berora," ungkap Ketua pelaksana KKN Program Merdeka Batch 7, Rasdan, didampingi Dosen Pembimbingnya, Tri Susilawati., M.Si., saat pembukaan kegiatan KKN Program Merdeka Batch 7 di Aula kantor Desa Berora, Kamis (21/9/2023).

Menurutnya, salah satu yang menjadi kendala utama, permasalahan sampah adalah tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA )yang sesuai dan sistem pengelolaan yang efektif. Akibatnya, masyarakat mencari alternatif untuk membuang sampah yang merugikan lingkungan dan kesehatan.

"yaitu dengan membuang sampah ke sungai dan pembakaran sampah di pekarangan rumah,"jelasnya.

Tempat terpisah, Kepala Desa Berora Kec Lopok, Sanapiah menilai, keberadaan  Mahasiswa UTS  KKN dalam Program Merdeka Batch 7, merupakan salah satu upaya menciptakan SDM  yang  berinovasi, berkarya dan bertanggung jawab dengan  memajukan Desa di segala macam aspek.


"Perlunya juga sentuhan tangan eksekutif dan  legislatif dalam meningkatkan program  peningkatan kemajuan Desa, untuk pencapaian program Desa Merdeka dalam meningkatkan ekonomi, pendapatan dan  kesejahteraan masyarakat. Sehingga terciptanya Sumbawa Hebat yang berkeadaban," Harapnya.(Well)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close