Breaking News

Soal Sampah, Kadis LH Sumbawa Syafruddin Nur : Sampah Merupakan Tanggungjawab Bersama

 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan kabupaten Sumbawa Ir. Syafruddin Nur. FOTO IST/IRWANTO MESSA POSTKOTANTB.COM


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa Ir. Syafrudin Nur mengatakan, persoalan sampah bukan hanya tanggung jawab dinas terkait saja, melainkan tanggung jawab bersama baik dari lingkungan terdekat maupun pada skala lingkungan yang lebih luas.

''Karena berangkat dari kebersihan yang perlu disentuh dulu adalah kepekaan dan kepedulian masyarakat dalam membuang sampah di sembarang tempat artinya bijak kelola sampah," kata Ir. Syafrudin Nur kepada postkotantb.com, Jumat (29/9/2023).

Syafrudin menyampaikan, selain itu masyarakat juga harus tahu jam operasional pengangkutan sampah oleh petugas kebersihan, agar sampah yang ditumpuk di pinggir jalan tidak terlalu lama berada di sisi jalan, karena bisa menganggu  pemandangan dan kesehatan lingkungan sekitarnya terutama aroma yang tidaksedap. Ujarnya

Diakuinya, harus perlu untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli tentang kebersihan lingkungan. Terutama permasalahan sampah.

''Edukasi juga sudah kami lakukan di masing-masing desa, kelurahan dan kecamatan tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan, edukasi dan sosialisasi terkait ini termasuk membiasakan masyarakat untuk tidak menggunakan kantongan plastik ketika berbelanja, namun bisa diganti dengan membawa sendiri alternatif lain misalnya; tas pasar, tentu selain lebih peduli lingkungan juga mengangkat kearifan lokal,” papar Syafrudin.

Ia menilai, tak ada salahnya dalam hal ini pihak terkait yang bertugas mengawasi dan menegakkan perda tentang kebersihan. Hal ini untuk tak segan memberikan sanksi kepada siapa saja yang kedapatan sengaja menumpuk atau membuang sampah.

''Apalagi kita sudah punya perda yang mengatur agar masyarakat lebih disiplin dan tercipta sebuah lingkungan dan kota yang bersih sesuai yang kita harapkan,” tegasnya.


Alimuddin, SE Lurah Seketeng kecamatan Sumbawa.

Terpisah, Lurah Seketeng Alimuddin berpesan khususnya kepada masyarakat Kelurahan Seketeng, di tengah sosialisasi pengendalian  sampah, untuk lebih peduli dalam pengelolaan sampah, untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, karena akan berdampak pada kesehatan dalam lingkungan.

''Jangan karena merasa ada petugas kebersihan lalu kita melalaikan permasalahan ini, kan sudah jelas karena sampah merupakan masalah dan tanggung jawab kita bersama, karena ini bagian dari implementasi Perda Kabupaten Sumbawa Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Alimuddin. (Well)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close