Breaking News

Empat Pesan Penting Bupati Pathul Saat Lantik Pejabat Pengawas dan Kepala UPTD Puskesmas

 


Bupati HL.Pathul Bahri, S.Ip,M.Ap. melantik Pejabat Pengawas dan Kepala UPTD Puskesmas lingkup Dinas Kesehatan Se-Loteng di Ballroom lantai 5 Kantor Bupati Lombok Tengah, Jum'at (05/01/2024). Foto Ist/Lalu Irsyadi/postkotantb.com


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Sejumlah Pejabat Pengawas dan Kepala UPTD Puskesmas lingkup Dinas Kesehatan se-Lombok Tengah berkumpul di Ballroom lantai 5 Kantor Bupati Lombok Tengah, Jum'at (05/01/2024) untuk dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati HL.Pathul Bahri, S.Ip,M.Ap.

Dalam pidatonya, Bupati Pathul menitip 4 pesan penting kepada mereka yang dilantik. Antara lain, pertama, Maksimalkan kerjasama dalam mengatasi masalah kesehatan dengan seluruh komponen tenaga kesehatan di tempat tugas baru. Kedua, kesulitan jangan dianggap hambatan tapi dijadikan tantangan untuk bisa diatasi. Ketiga, hormati kearifan dan budaya ditempat tugas, aktif berinteraksi dengan petugas/aparat lain dan masyarakat sekitar. Keempat, bekerjalah sesuai kewenangan masing-masing profesi dan memperhatikan standar-standar pelayanan.

"Saya harap anda bekerja seperti kedua tangan yang saling melengkapi, membentuk tim solid tanpa ego sektoral," Harap Bupati.

Dan dengan tujuan bersama, imbuhnya, semuanya harus menanamkan nilai kebersamaan, kerjasama dan kekompakan dalam menjalankan tugas organisasi. Buatlah kesan positif ditempat bertugas, memfokuskan tenaga perhatian dan pikiran pada proses penataan, perbaikan dan produktifitas kinerja sesuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsi. Terpenting, pegang teguh sumpah jabatan serta benar-benar amanah dalam menjalankan tugas masing-masing.

Adapun nama-nama yang keluar mengisi jabatan adalah pilihan terbaik melalui proses penilain selektif dan masukan dari Wakil Bupati, Sekda, serta BKPSDM. Tolak ukurnya melihat kinerja, kepangkatan, kemampuan, pengalaman dan loyalitas dalam bekerja.

" Yang pasti mengacu juga pertimbangan berbagai aspek dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbuh Bupati.

Pelantikan, tujuannya tidak lain dalam rangka meingkatkan derajat kesehatan Masyarakat. Pembangunan kesehatan diarahkan dengan meningkatkan kemauan, kesadaran dan juga kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Senada dengan upaya pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan menerapkan transformasi kesehatan indonesia yang merupakan sebuah inisiasi yang dilakukan mencakup 6 pikar transformasi. Diantaranya transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan,sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan Tekhnologi kesehatan.

Mengacu hal tersebut, Pemkab Lombok tengah lakukan tindak lanjut terutama pilar pertama dengan membangun fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu 6 Puskesmas di tahun 2023 dan merehabilitasi 126 Pustu dan Polindes.


Kabar baiknya, sebanyak 27 Puskesmas telah terakreditasi paripurna. Sehingga pelantikan Kapus jadi keharusan agar tidak terjadi kekosongan pimpinan.

" Layanan kesehatan rujukan di RSUD Praya terus dilakukan pembenahan baik fisik maupun sistem sehingga kualitas layanan semakin membaik," jelasnya.

Dibidang SDM, tahun 2023 Pemkab Loteng mendapat formasi 713 tenaga P3K. Sementara disisi program, beberapa capaian yang telah diraih berhasil turunkan angka stunting dari
20,81 persen jadi 13,34 persen di tahun 2023. Lebih rendah dari target Nasional Tahun 2024 yaitu 14 persen. Diikuti angka kematian ibu dan bayi telah terjadi penurunan signifikan. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close