Breaking News

1.228 Warga Binaan di Lapas Lobar Gunakan Hak Pilihnya

Salah satu warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat (Lobar), tengah memasukan surat suara, Rabu (14/02).

Lombok Barat (postkotantb.com)- Sebanyak 1228 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat (Lobar), Kanwil Kemenkumham NTB, menggunakan hak suaranya pada Pemilu tahun 2024 hari ini, Rabu (14/2). Pemungutan suara berlangsung di 5 (lima) TPS di lapas tersebut.

Kalapas Lobar, M Fadli menuturkan, ribuan warga binaan tersebut terdiri dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Mayoritas pemilih merupakan warga binaan dan sisanya petugas yang bertugas.

“Total ada 1228 orang warga binaan. Sedangkan untuk TPS ada sebanyak 5. Untuk total DPT ada sebanyak 919 orang, DPTb ada 309 orang,” sebut Kalapas Fadli.

Meski begitu lanjut dia, ada juga beberapa warga binaan yang tidak bisa menggunakan hak suaranya. Sejumlah warga binaan tak dapat menggunakan hak pilihnya. Karena setelah dilakukan validasi dan verifikasi kembali oleh Tim KPU, NIK dari warga binaan tersebut tidak valid.

“Kami (Lapas) dan KPU sudah berupaya secara maksimal, bahkan sampai H-2 kemarin, Insa Allah ini tentu menjadi bahan evaluasi kami bersama kedepannya," ujarnya.

Sebaliknya, Kalapas Fadli menyampaikan apresiasi kepada semua pihak. Termasuk Polri, TNI, serta KPU dan Bawaslu di semua TPS di Lapas hari ini, sehingga pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan kondusif.

Kalapas menjamin, selama proses dari mulai sebelum sampai pasca pemilu, seluruh jajaran ASN Lapas Lobar telah menunjukkan Netralitas dan Integritas sesuai peraturan yang berlaku.

“Tidak ada, dan tidak akan pernah ada intervensi atau apapun itu terhadap proses Pemilu di Lapas Lombok Barat, kami pastikan semua berjalan LUBERJURDIL,” tegasnya.

MAD salah seorang Warga binaan Lapas Lobar, usai memberikan hak pilihnya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas tersebut. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa nyoblos hari ini, bisa memberikan hak suara kepada putra putra terbaik bangsa,” ungkapnya.

Antusiasme dan kesadaran politik yang ditunjukkan oleh warga binaan Lapas Lobar menjadi contoh nyata, bahwa setiap warga negara memiliki peran dalam membangun demokrasi yang berkualitas. Semangat untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi harus terus ditanamkan, bahkan dilingkungan yang mungkin terbatas seperti didalam Lembaga Pemasyarakatan.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close