Breaking News

Bimtek Saksi Parpol di Kecamatan Batulayar, Momentum Penyamaan Presepsi

Ketua Bawaslu Lobar, Ketua beserta jajaran Panwascam Batulayar, usai Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para saksi dari 18 PAC Partai politik (Parpol) peserta pemilu 2024, Sabtu (10/02).

Lombok Barat (postkotantb.com)- Panwascam Batulayar Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para saksi dari 18 PAC partai politik (Parpol) peserta pemilu 2024, Sabtu (10/02).

Kegiatan yang berlangsung di Penyawangan Resto Sandik, Desa Gunungsari ini, turut dihadiri Ketua Bawaslu Lobar beserta jajarannya serta pengurus Panwascam Batulayar. Untuk diketahui, jumlah peserta dari saksi parpol yang hadir dalam bimtek tersebut, sebanyak 40 orang.

Ketua Panwascam Batulayar, Hasbullah mengaku, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyamakan persepsi, antara saksi parpol dan pengawas di masing-masing TPS. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah ketidaksepahaman, saat pemilu.

"Supaya nanti di bawah tidak terjadi gejolak. Terutama di hari pungut hitung," ujarnya.

Ia menjelaskan, sistem pemungutan dan perhitungan suara tahun ini berbeda dari sebelumnya. Sistem pemilu dulunya menggunakan sistem manual, dengan form C1 Plano dan seterusnya. Saat ini, pihaknya menggunakan istilah C hasil, C hasil Salinan, C hasil panggilan dan sistem digital melalui Siwaslu.

"Ada Sirekap di KPU dan Siwaslu di Bawaslu. Kalau di Siwaslu fungsinya untuk menjadi pembanding dan alat bantu utama untuk alat perbandingan di sidang pleno, kalau di Sirekap itu sebagai alat bantu utama," ujarnya.

Diakui Hasbullah, waktu penyelenggaraan bimtek ini tergolong sangat mepet dengan hari pemungutan suara. Sehingga ke depannya, harus dijadwalkan dua sampai tiga kali tatap muka dengan saksi parpol,  agar pengawasannya lebih optimal.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Batulayar sebut Hasbullah,  lebih dari 37.020 pemilih dengan 176 TPS.  Sedangkan untuk Daftar Pemilih Khusus (DPH), saat ini jumlahnya masih dikoordinasikan dengan pihak PPK.

"Kemungkinan nanti pas Bimtek besok Ahad ini, akan langsung didiskusikan masing-masing TPS," jelasnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close