Breaking News

Lomba Kayak Internasional Akan Digelar di KLU dan Sekotong Lombok Barat


Lomba Kayak Internasional Akan Digelar di KLU dan Sekotong Lombok Barat
Rapat persiapan sport tourism event Kayak Internasional di Kantor Dispar Lombok Barat. Foto Iwan Sopiandi/postkotantb.com
Lombok Barat (postkotantb.com) - Sebuah event olahraga untuk pariwisata atau sport tourism bertaraf internasional yakni Seapark Kayak Adventure 2024 akan digelar di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Lombok Barat (Lobar) dalam waktu dekat.

Event ini direncanakan akan digelar mulai 29 Februari hingga 3 Maret 2024. Hal tersebut diungkapkan Event Director Seapark Kayak Adventure 2024 Denny Rachman saat rapat persiapan kegiatan di Aula Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar, Senin (26/02/2024).

"Jadi kita ingin sebetulnya menggabungkan kegiatan sport tourism dan konservasi untuk memperkenalkan Lombok pada masyarakat luas dan masyarakat internasional," ungkap Denny.

Kayak sendiri termasuk sport tourism yang dilakukan di air, sekilas kayak mirip dengan rafting atau arung jeram. Hanya saja, rafting dilakukan secara berkelompok, sedangkan kayak hanya bisa dilakukan sendiri atau berdua.

Jika di KLU kegiatan ini berpusat di sekitar Gili Meno, Air dan Trawangan, di Lobar, kegiatan ini akan diadakan pada 2 Maret 2024 dengan mengambil rute start di Dermaga Tawun lalu finish di Gili Gede. Jika kedua etape digabungkan, total lomba ini akan menempuh jarak 30 kilometer.

"Akan ada 50 peserta yang akan ikut, 6 di antaranya dari Malaysia dan Singapura, sisanya dari berbagai daerah di Indonesia," papar Denny.

"Yang di Lobar itu rutenya nanti melalui pesisir. Di samping karena alasan keamanan dan keselamatan kita harap juga para peserta bisa menikmati pemandangan pesisir indah yang ada di Sekotong," imbuhnya.

Selain kegiatan lomba kayak, di sela-sela kegiatan juga akan digelar sejumlah kegiatan terkait edukasi tentang konservasi laut, seperti lomba mewarnai dengan tema konservasi, lomba kreasi ekobrik, edukasi masyarakat tentang konservasi dan bersih pantai serta akan ada pelepasan tukik di Pantai Sekotong.

"Akan ada sekitar 200 siswa sekolah dasar yang nantinya akan berpartisipasi dalam kegiatan pendukung ini, itu kita ambil dari sekolah dasar dan MI di sekitar Sekotong, dan tentu juga akan kita libatkan UMKM dan masyarakat setempat tentunya dalam event ini," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan mengaku gembira dengan dipilihnya Lobar sebagai salah satu lokasi pelaksanaan event Seapark Kayak Adventure ini.

Rute event Kayak Internasional di Lobar. Foto: Dispar Lobar



"Kita sangat berterimakasih kepada pihak penyelenggara karena memilih kami di Lobar untuk jadi lokasi event ini digelar. Di samping sampai saat ini usaha kita untuk menyelenggarakan World Surf Leagu, alhamdulillah Seapark Kayak Adventure ini datang dengan membawa peserta dari luar, itu sangat kami apresiasi," cetus Agus.

Selain dengan bertambahnya kegiatan sport tourism yang bisa diadakan di Lobar, Agus juga berharap dengan adanya event ini, pariwisata Lobar khususnya di Sekotong bisa mendapat perhatian lebih luas lagi dari masyarakat luar. (IS)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close