Breaking News

Personel Polsek Bayan Amankan Kegiatan Adat Gawe Belek di Desa Bayan

 


Lombok Utara (postkotantb.com) - Personel Polsek Bayan Polres Lombok Utara amankan kegiatan adat gawe belek di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara atau yang dikenal dengan istilah Mengiring pada Kamis (08/02/2024).

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro SIK, M.Si melalui Kapolsek Bayan IPTU Made Widiartha menjelaskan rangkaian  kegiatan tersebut dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 wita dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari:

Kegiatan awal dimulai dengan 'Mengkerem" yaitu mempersiapkan anak anak yang akan dikhitanan yang diikuti oleh masyarakat adat.

Selesai kegiatan "Mengkerem" kemudian dilanjutkan dengan kegiatan "Mengiring" yaitu kegiatan mengiring anak anak yang dikhitan dengan rute, star dari simpang empat Ancak Desa Karang Bajo menuju arah Desa Bayan, dan finish di rumah adat Timok Orong Dusun Bayan Timur Desa Bayan.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Inti yaitu Khitanan yang diiringi oleh kesenian tarian Gegerok Tandak. Setelah kegiatan Khitanan selesai kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Ngelokoang Bisok Menik (Cuci Beras) dilanjutkan dengan acara Ngalu Aik Maling Mapakin (Serah Sekapur Sirih) yang di laksanakan di Perbatasan Desa Karang Bajo dan Desa Bayan.

Kegiatan Mengiring merupakan salah satu rangkaian tahapan dalam kegiatan Gawe Beleq di Desa Bayan yang dilaksanakan oleh masyarakat adat Bayan di tahun 2024.

Terakhir dilaksanakan acara "Merosok" yaitu kegiatan Mengasah Gigi bagi masyarakat adat.

Ucapan terimakasih Kapolsek Bayan keada seluruh masyarakat atas terselenggaranya kegiatan tersebut denga aman tertib dan lancar.

Hari ini merupakan hari puncak pelaksanaan acara kegiatan gawe beleq Desa Bayan, kemudian pada Jumat dilaksanakan acara Mengkuris (Potong Rambut di areal rumah adat) dan Memolak Kombong sebagai kegiatan tambahan.

Kemudian pda Sabtu akan dilaksanakan kegiatan buang Au di sungai Lokoq Muntur yang diiringi oleh gamelan adat sebagai penanda berakhirnya rangkaian kegiatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ribuan orang masyarakat adat Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close