Breaking News

BBPOM Mataram Temukan Kerupuk Mengandung Boraks Beredar di Sentra Penjualan Takjil

BPOM Mataram
Pada kegiatan pengambilan sampling di beberapa titik yang menjadi sentra penjualan takjil, Senin (18/03), BBPOM Mataram temukan kerupuk yang mengandung boraks.

Mataram (postkotantb.com)- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram kembali menemukan jenis kudapan (Takjil) yang mengandung Boraks. Temuan tersebut didapati BBPOM Mataram, saat pengambilan sampling di beberapa titik yang menjadi sentra penjualan takjil, Senin (18/03).

Diantaranya di Lapangan Pagutan, Majapahit dan Panjitilar. Kepala BBPOM Mataram, Yosef Dwi Irwan Prakasa menyebutkan, ada sekitar 82 jenis Takjilan yang diambil untuk sampling. Yakni pempek, cilok, bakso, gula kapas, kerupuk, terasi, siomay, kurma, es campur, tahu dan jenis takjil lainnya.

"Makanan berbagai jenis takjil yang dijual diambil sebagai sampling untuk dilakukan uji cepat," ujar Kepala BPPOM Mataram di sela-sela kegiatannya tersebut.

Dari hasil uji cepat dia mengungkapkan ada sekitar 79 makanan memenuhi syarat dan aman dikonsumsi, sedangkan jenis  takjil lainnya yaitu Kerupuk dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena mengandung Boraks.

Jenis takjilan Kerupuk yang diketahui tidak memenuhi syarat edar, akan dilakukan pembinaan dan peringatan kepada penjual agar makanan tersebut tidak boleh dijual kembali.

Sebaliknya Ia mengimbau masyarakat melakukan Cek KLIK terlebih dahulu saat akan membeli sesuatu atau segera menghubungi BBPOM untuk konsultasi melalui layanan yang telah disiapkan.

"Kami berharap dengan kegiatan yang dilakukan BBPOM ini dapat membantu masyarakat dalam memilih berbagai jenis takjil selama bulan Ramadhan," harapnya.(RIN)
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close