Breaking News

Spritual Camp SMKN 4 Mataram Kental Nuansa Moderasi Beragama

Spritual Camp
para pelajar SMKN 4 Mataram, baik yang beragama Islam, Hindu, Buddha, Kristen tampak harmonis saat buka puasa bersama dalam kegiatan Spritual Camp, Kamis (28/03).

Mataram (postkotantb.com) - Pekan ketiga Bulan Ramadan 1445 Hijirah/ 2024 Masehi, SMKN 4 Mataram kembali menggelar kegiatan Spritual Camp, Kamis (28/03). Dengan mengusung tema, 'Teladani Sifat Nabi Muhammad SAW Wujudkan Generasi Z Menjadi Insan yang Muttaqin', kegiatan bernuansa religi ini dipoles berbeda.

Ketua Panitia Kegiatan Spritual Camp, Irwan Jayadi mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan sebanyak 30 persen yang terdiri dari perwakilan masing-masing kelas. Menariknya, dalam kegiatan ini, pihaknya tidak hanya melibatkan pelajar beragama Islam.

"Kita melibatkan semua agama. jadi di Spritual Camp ini, Hablu minallah dan Hablu minannasnya dapat, termasuk toleransi beragamanya juga dapat," ungkap pria yang saat ini diketahui menjabat Wakil Kepala SMKN 4 Mataram Bagian Prasarana.

Dikatakan, Spritual Camp ini meliputi berbagai kegiatan, termasuk buka puasa bersama, sholat terawih berjamaah, ceramah agama oleh TGH Azhar Rasyidi dan doa bersama. Terpisah, Kepala SMKN 4 Mataram, Iwan Supriady menjelaskan, tema yang diusung ramadan tahun ini menjadi bukti dari komitmen sekolah dalam mempromosikan nilai-nilai toleransi dan kerukunan umat di lingkup pelajar, sebagai cerminan dari implementasi moderasi beragama.

Sehingga, kegiatan Spritual Camp di Bulan Ramadan ini jelas dia, bukan hanya untuk siswa yang beragama Islam saja. Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk semua agama. Namun pihaknya tidak dapat melibatkan seluruh pelajar SMKN 4 Mataram, demi mengantisipasi kemacetan.

"Awalnya kita mau melibatkan semua siswa, akan tetapi untuk meminimalisir kemacetan di sore hari, jadi acara sekarang hanya perwakilan. Per satu kelas cuma 10 orang. Jumlah siswa di sekolah ini secara keseluruhan sebanyak 1128 orang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, H Aidy Furqon mengingatkan, agar para pelajar khususnya beragama muslim untuk dapat mengoptimalkan kegiatan religi selama ramadan. Terutama melaksanakan zakat fitrah untuk kaum dhuafa, fakir miskin, dan masyarakat yang membutuhkan.

"Liburan jangan terlalu jauh, karena dua Minggu setelah lebaran harus kembali masuk sekolah dan menghadapi ujian," pesannya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, kepala cabang dinas dan seluruh staf dan pegawai SMKN 4 Mataram.(RIN)
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close