Breaking News

Dikbud NTB Bidik Kerja Sama Global Katalyst e.V Jerman

Dikbud NTB
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB.

Mataram (postkotantb.com)- Dalam rangka membangun jejaring hingga ke tingkat internasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, mulai membidik peluang kerja sama dengan Global Katalyst e.V Jerman.

"Ya, sekarang kami masih menjajaki kerja sama dengan Global Katalyst e.V Jerman," ujar Kepala Bidang (Kabid) SMK, Dinas Dikbud NTB, Ahmad Muslim diruang kerjanya, Jumat (17/05).

Ia mengatakan, Global Katalyst e.V Jerman merupakan asosiasi nirlaba yang dibangun di Stuttgart Jerman. Dengan tujuan membangun komunikasi, menjajaki kolaborasi masa depan, serta menjajaki kerja sama antar bangsa. Baik di bidang pendidikan, sosial, budaya, pariwisata, dan 300 bidang industri lainnya.

"NTB merupakan salah satu dari empat provinsi yang masuk dalam daftar asosiasi itu," sebutnya.

Negara Jerman, menurut Ahmad, sangat membutuhkan tenaga kerja professional. Terlebih lagi tahun 2030, negara Jerman diprediksi akan mengalami kekurangan sumber daya manusia (SDM).

"Jumlah SDM di dalam negeri, belum mampu memenuhi kebutuhan tenaga ahli. Sehingga keberadaan asosiasi nirlaba ini menjadi peluang bagi SMK yang menjalankan program pendidikan vokasi," terangnya.

Jika sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), NTB akan mendapatkan jatah sebanyak 2000 orang lulusan SMK. Para lulusan ini akan dikirim untuk bekerja di perusahaan industri, sambil menjalankan studi vokasi selama 3 sampai 4 tahun di Negara Jerman.

"Jadi mereka sambil bekerja sambil belajar Vokasi. Setelah menuntaskan studi Vokasi dan mendapatkan sertifikat internasional, mereka akan dipekerjakan sebagai karyawan dan akan mendapatkan gaji sesuai UMR di Jerman," jelasnya.(RIN)
 

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close