Breaking News

Dikbudpora Lotara Selenggarakan Ajang Lomba Talenta O2SN dan FlS2 Nasional

 


Lombok Utara (postkotantb.com) - Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggaran pendidikan telah berupaya keras dalam melaksanakan program-program  peningkatan mutu pendidikan, sebagai ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas. proses pembelajaran akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kretivitas siswa yang baik.

Pendidiakan Indonesia diarahkan untuk membentuk manusia seutuhnya. Pendidikan sebagai bagian dari pembentukan budi pekerti, memberi kontribusi yang besar terhadap pembentukan jati diri yang berakar pada budaya bangsa. Dalam pendidikan terangkum unsur pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terpadu dalam kreativitas dan kepribadian siswa.

Hal ini disampaikan Ketua panitia lomba "Ajang Talenta O2SN dan FlS2 Nasional-" H Ali Marjati,S.Pd, Rabu 19 Mei 24.Tujuan diselenggarakannya lomba O2SN dan FlS2N Sekolah Dasar ini antara lain yaitu, Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang Olahraga, Membina dan mempersiapkan olahragawanberprestasi sejak usia dini, Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawan, Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kretif dan inovatif bagi peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sikap sportivitas dan pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan disamping Mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik. Paparnya.
 

Adapum dasar hukum di selenggarakannya  lomba O2SN dan FlS2N Sekolah Dasar dini menurut H Ali Marjati adalah UUNo. 20 Tahun2002 Tentang Sisdiknas
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayan Republik Indonesia Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Prosea, Panduan Lomba O2SN dan FLS2N Sekolah Dasar Tahun 2014
SK Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara tentang Panitia O2SN dan FLS2N Tikat Kabupaten Lombok Utara tahun 2024 dan DPA Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara tahun 2024.

Selain itu H Ali Marjati menyebutkan, beberapa mata lomba yang akan di lomba kan dan jumlah Peserta yang mengikuti masing masing Cabang:
FLS2N yaitu :
Untuk Jenjang Sekolah Dasar antara lain ; Menyany Solo yang di ikuti oleh 10 Peserta, Gambar Bercerita yang di ikuti oleh 10 Peserta, Seni tari yang di ikuti oleh 5 Kelompok peserta. Pantomim yang diikuti oleh 5 Kelompok peserta Kriya yang diikuti oleh 10 Peserta.

Jenjang Sekolah Menengah Pertama'. Anasambel Campuran yang di ikuti oleh 5 kelompok Peserta. Ilustrasi yang di ikuti oleh 10 Peserta. Kreativitas music Tradisional yang di ikuti oleh 5 Kelompok Peserta. Menyanyi Solo yang di ikuti oleh 10 Peserta. Pantomim yang di ikuti oleh 5 Kelompok Peserta danTari Kreasi yang di ikuti oleh 5 Kelompok Peserta.

Sementara untuk jenjang O2SN
Jenjang Sekolah dasar antara Lainnya : Kids Atletis yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putria.
Renang yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putria. Bulu Tangkis yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putri
Pencak silat yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putria. Karate yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putri
dan Senam yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putria.

Untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertana SMP, Atletik yang di ikuti oleh 10 peser taputra dan Putria. Renang yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putri. Bulu Tangkis yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putri. Pencak Silat yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putri. Karate yang di ikuti oleh 10 peserta putra dan Putri.

Untuk OSN akan di laksanakan Secara Online Nanti pada 27 sampai dengan 28 Mei  2024  Untuk tingkat SD dan 29 Mei s.d 30 Mei  2024 Untuk SMP dan langsung di Nilai oeh TIM OSN BTPI Kementrian Pendidikan Nasional dan yang mendapat juara akan di panggil ketingkat nasional untuk menerima Anugrah dari Presiden Repoblik Indonesia.

Selain itu, Ali Marjati juga sebutkan umlah peserta yang menggikuti lomba OSN : SD : 135 orang dan SMP : 125 odang.
Total keseluruhan  : 260 Siswa/i
Untuk Mata Pelajaran  yang akan di ikuti adakah : Jenjang Sekolah dasar yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematikaku. Jenjang Sekolah Menengah Pertama Yaitu Ilmu PengetahuanAlam (IPA) dan Matematika serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan Lomba O2SN dan FLS2N terpencar di beberapa tempat di Kec, Gangga dan Kec.Tanjung Sesuai dengan jenis dan Cabang lomba, sedangkan pembukaan di pusatkan di Lapangan Umum Gondang dengan waktu pelaksanaan mulai tanggal 15 s.d  17 Mei 2024.

Tempat Lomba Bulu tangkis dan senam di Gor Gifa Gondang. Sementara untuk lomba Renang Di laksanakan di Samari Tanjung.
Pencak Silat dan Karate di Lapangan 70 Futsal dan Sepak Bola di Lapangan Umum Gondang.

Atletik di SMPN 3 Gangga
FLS2N, Seni Tari dan Pantomim sama Tari Kreasi di Panggung Dinas Dikbudpora, sedangkan untuk lomba nyanyi Solo di Aula Dinas Dikbudpora dan lomba Kreasi ilustrasi, Anasambel Campuran dan Gambar Bercerita serta Kreativitas music Tradisional di halaman Dinas D dikbudpora KLU.


Disampaikan pula oleh H Ali Marjati bahwa biaya untuk pelaksanaan lomba O2SN dan FLS2N SD dan SMP tingkat Kabupaten Lombok Utara ini di bebankan pada APBD yang dituangkan dala DPA Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga pada tahun 2024. terang Ali Marjati.

Hasil Yang di Harapkan adanya peningkatan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademisi, Terpilihnya siswa terbaik dalam bidang olahraga, sebagai bibit unggul atlet pada tingkat wilayah tertentu dan Terjalinnya kesatuan dan persatuan antara siswa seluruh Indonesia melalui O2SN. (@ng)

Bersambung_

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close