Breaking News

Dinsos Lombok Tengah Berhasil Bantu Warga Pulang Kampung Pasca 30 Tahun Hilang

 

Dinsos Lombok Tengah Berhasil Bantu Warga Pulang Kampung Pasca 30 Tahun Di Rantau

H.Masnun Kepala Dinas Sosial Lombok Tengah. Foto Istimewa/Lalu Irsyadi


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah baru-baru ini telah berhasil membantu pemulangan, pulang kampung (pulkam) salah seorang warga Tastura yang diketahui hilang sejak 30 tahun silam diperantauan.

Menurut informasi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah H. Masnun, warga dimaksud terdeteksi atas nama Rustam berasal dari Dusun Lengusik Desa Pelambik Kecamatan Praya Barat Daya.

" Rustam ini kerja ceritanya kerja di Malaysia dulu tapi terbuang karena masuk secara gelap tanpa dokumen resmi," kata Masnun, Senin (13/05/2024).

Diterangkan, dulu Rustam dilepas diperbatasan Malaysia-Indonesia tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Lalu dia terlantar dan bertahan hidup dengan bekerja, itupun hanya untuk mencukupi kebutuhan makan saja.

Dan pada suatu waktu, Rustam jatuh sakit. Tapi karena tidak ada biaya berobat dan tidak punya dokumen untuk dirujuk ke Puskesmas atau Rumah sakit. Keberadaan Rustam kemudian diketahui oleh Peksos setempat. Lalu Peksos berinisiatif sebar informasi terbuka melalui media sosial dengan harapan dibantu banyak orang atau diketahui pihak keluarga Rustam.

" Hasil komunikasi antar Peksos diterima juga oleh pegawai kita di Loteng, akhirnya langsung dibuatkan adminduk di Dukcapil agar miliki KTP, baru bisa berobat di Riau," jelasnya.

Setelah sehat, Rustam selanjutnya diantar oleh Dinas Sosial setempat untuk proses pemulangan ke kampung halaman melalui jalur udara memakai pesawat terbang.

Sesampainya di Bandara Lombok, Rustam disambut suka cita yang mendalam oleh keluarganya. Adapun serah terima dilakukan di kantor Dinas Sosial Lombok Tengah disaksikan perangkat kepala Dusun dan lainnya.

Hal yang sama juga dirasakan warga asal Desa Murbaye Kecamatan Pringgerate. Setelah lama hilang pergi dari rumah karena terindikasi gangguan kejiwaan, lalu kembali pulang pasca ditemukan terlantar di Sumbawa Barat.

Mengenai akses bantuan sosial yang sekiranya bisa mengcover mereka, akan coba ditindak lanjuti oleh Dinsos nanti berkoordinasi dengan pihak terkait. (Irsyad)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close