Kenawa Island Jadi Favorit Wisata Keluarga Pasca Lebaran

, Thursday, June 29, 2017 WIB Last Updated 2017-06-29T07:49:48Z
0leh : Edi Chandra Gunawan
 
Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Kabupaten Sumbawa Barat merupakan Kabupaten termuda diantara Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ternyata memiliki beberapa Pulau, Pantai  dan teluk  yang indah nan asri , seperti Pantai Lawar , Pantai Rantung  pantai Trovical, Pulau Kenawa, Pulau Paserang dan Gili balu dan masih banyak lainnya, pulau yang selalu  menyimpan pesona sejuta keindahan alam baik pantai maupun alam bawah lautnya  yang belum terjamah oleh tangan-tangan professional,Sangat disayangkan kalau keindahan tersebut dibiarkan berlalu begitu saja , pulau kenawa salah satunya yang menjadi favorit wisata keluarga ternyata banyak menyimpan keunikan bagi wisatawan local maupun mancanegara yang pernah datang berkunjung kepulautersebut, padahal kalau Pemerintah Sumbawa Barat  berani mengelontorkan anggaran lebih untuk pulau kenawa  ini akan mendatangkan nilai ekonomi yang sangat potensial sebagai pusat destinasi wisata unggulanSumbawa barat.


Di seputaran pantai Pulau Kenawa terlihat terumbu karangnya yang eksotik dipadukan dengan gulungan ombak  yang mengalun kecil  sangat cocok bagi para wisatawan yang hobby Traveling alternatifnya dapat mengunjungi Pulau Kenawa dengan hamparan pasir putihnya yang sangat menggoda.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau Kenawa tersebut yang berada disebelah barat sekitar  3 Mil dari pintu masuk Pelabuhan Poto tano kabupaten Sumbawa Barat, tidak gampang-gampang susah,Kalo dari Lombok mau menuju tempat ini cukup mudah dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Tinggal naik Bus Balong Niat ataupun Damri jurusan Mataram – Sumbawa dan turun di Pelabuhan Poto Tano  dengan  ongkos  sekitar Rp. 90.000 , naiknya dari terminal Mandalika Mataram, setelah sampai di Pelabuhan Poto tano maka Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pemukiman Bajo yaitu Desa Poto tano sekitar 5 menit jalan kaki , maka anda akan disambut oleh pemilik jasa transportasi menuju Pulau Kenawa dengan ongkos relatif murah sekita Rp 150.000-200.000 dengan waktu tempuh 15-20 menit perjalanan

Dari pantauan postkotantb.com saat pasca lebaran hari ke 3 pada rabu ( 28/06 ), ribuan manusia bertumpah ruah datang mengunjungi pulau kenawa , sampan pengangkut wisatawan local hilir mudik melintasi dermaga penyebrangan poto tano dengan ongkos Rp 200.000 untuk pulang pergi , bahkan dari pulau Lombok, bali hingga Surabaya  para wisatawan local berbondong-bondong datang ke pulau tersebut, hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, karena Sebelum Anda menginjakan kaki di Pulau Kenawa , terlebih dahulu penulis kenalkan Pelabuhan poto tano sebagai pintu masuk – keluarnya dari dan ke Kabupaten Sumbawa Barat.


Poto Tano, pelabuhan ini terletak di desa Poto Tano kecamatan Poto Tano di kabupaten Sumbawa Barat, dan masiih masuk dalam wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat, fungsi utama pelabuhan ini adalah sebagai pintu masuk ke wilayah pulau sumbawa dari arah barat (dari pulau Lombok). Dari pelabuhan khayangan Lombok  Timur membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit melewati selat Alas (selat yang memisahkan pulau lombok dan pulau Sumbawa), begitu kapal sudah mulai mendekati daratan Sumbawa hanyalah keindahan lah yang terlihat hampir disemua sudut pandang, bukit-bukit gersang dengan tanaman perdu terlihat berjajar indah, air laut yang jernih dengan pantai pasir putih nya juga seolah menyihir kita dengan pesona keindahannya, belum lagi pulau-pulau kecil yang dalam bahasa setempat di sebut gili mulai bermunculan dengan di hiasi langit biru serta awan berarak diatasnya seolah menyatu dalam bentang cakrawala yang indah.
 
Dermaga Sandar Pelabuhan Tano berlatar belakang bukit indah, pelabuhan penyeberangan terindah menurut   Penulis Begitulah kesan yang kita dapatkan ketika pertama kali berlabuh di pelabuhan tersebut, begitu menginjakkna kaki pertama di daratan sumbawa ini kita akan disambut oleh sebuah tulisan besar “ Pariri Lema Bariri ” slogan ini berasal dari bahasa daerah sumbawa (suku Samawa) yang mempunya arti membangun secara serasi dan seimbang antara pembanguan Fisik dan pembangunan mental spiritual, jalanan di sekitar pelabuhan ini juga masih cenderung sepi dan indah untuk diabadikan, serta jangan lupa untuk menikmati indahnya deretan rumah-rumah nelayan yang berada tidak jauh dari pelabuhan Poto Tano tersebut, deretan rumah-rumah panggung kecil menghiasi pinggir laut dengan latar belakang bukit-bukit gersang yang indah seolah mengundang siapa saja yang datang untuk menikmati keindahannya, refleski dari rumah-rumah tersebut yang terlihat di airlaut yang tenang sungguh menyuguhkan pemandangn yang luar biasa.

Poto tano dengan sejuta keindahannya sangat menarik untuk dinikmati kapan pun kita datang, pesona keindahan pantai pasir putih, bukit-bukit gersang serta pulau-pulau kecilnya sangat memukau bagi siapapun yang menikmatinya, seolah tak pernah berhenti menebarkan pesona keindahannya bagi siapa saja yang mengunjunginya.


Perjalanan pun dilanjutkan , Saat menginjakan kaki di Pulau Kenawa , hati akan berdecak kagum melihat hamparan panjang pasir putih dan asri membuat hati tenang dan dan damai  . Hamparan pantai pasir putih yang memanjang dipadukan dengan  air laut sejernih Kristal kaca ternyata menyimpan sejuta pesona keindahan panorama  alamnya yang tidak kalah menarik  yang diapit oleh  gugusan pulau-pulau kecil yang sangat mempesona.

“ Menurut masyarakat setempat, di bulan Juli, Agustus, September banyak wisatawan asing dari Bali atau Lombok yg merapat mengunakan speedboat2 mewah menuju pula ini. Minim nya fasilitas & agak susah nya akses serta kurang nya promosi dari pemerintah setempat membuat banyak wisatawan yang kurang begitu nyaman dan familiar “.paparnya

Deretan Paruga-paruga kecil dan padang savana membuat mata memandang begitu asri dan nyaman dan tidak kalah hebatnya dengan keindahan alam yang memiliki keunikan tersendiri, sangat rugi besar kalau datang ke Pulau Kenawa tidak menyempatkan diri menikmati keindahan alam panorama bawah lautnya.

Pulau Kenawa   ini diapit oleh pulau karang dan gili balu, Pulau Karang, Pulau Paserang dan gili Bedil  yang merupakan sebagai daerah lintasan penyebrangan Pelabuhan Tano-Kayangan, saat mata lepas pandang ke hamparan lautnya,  Terlihat beberapa perahu nelayan di teluk kecil ini sedang memancing dan penyelam Udang Lobster yang mempunyai nilai jual sangat tinggi.


Secara geografis, Pulau Kenawa ini merupakan bagian dari Pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) dan lebih tepatnya terletak di Sumbawa Barat. Pulau ini adalah pulau kosong alias tidak berpenghuni dan juga ditumbuhi ilalang serta rumput-rumput hijau. Pulau ini sangatlah mudah dikenali, karena terdapat satu bukit di pulau tersebut. Tidak butuh waktu sejam untuk menaklukkan bukit tersebut dan menapakkan kaki di puncak tertingginya. Pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih dan juga warna laut yang mampu menyegarkan penglihatan. Selain itu bahwa Pulau Kenawa memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di pulau ini, seperti misalnya memancing, berburu foto, trekking, snorkeling, bermain layangan, bermain bersama keluarga dan bagi yang hobby masak memasak bisa juga kok. Hal yang pertama kami lakukan adalah berburu foto di sekitaran dermaga kayu, kemudian lanjut ke ilalang savan hijau yang membentang luas.

Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa tenggara Barat (NTB).Pulau ini mempunyai luas 13,8 hektar dengan garis pantai yang membentang sepanjang 1,73 kilometer.Sementara itu,padang rumput seluas 8 hektar membentang di seluruh pulau dan terdapat 11 jenis keanekaragaman mangrove.Sebuah Pulau dengan berjuta pesona dan keindahan yang memukau setiap pengunjungnya.Pulau ini adalah pulau kosng alias tidak berpenghuni dan juga ditumbuhi ilalang serta rumput-rumput hijau.Hamparan pulau kecil ini hampir seluruhnya dikelilingi pantai berpasir putih dan juga warna laut yang sangat mempesona.
 
Di Pulau Kenawa ini terdapat sebuah bukit yang menjadi latar belakang savana yang indah.Tidak butuh waktu sejam untuk menaklukkan bukit tersebut dan menapakkan kaki di puncak tertingginya.Dari atas bukit kita bisa melihat seisi Pulau Kenawa dengan segala keindahannya.Birunya laut dengan pasir putih yang terhampar luas disetiap sisi serta padang rumput dengan ilalang tinggi yang luasnya menutupi hampir semua bagian pulau ini.Hanya bagian bukit kecil dan tepi pantainya saja yang tidk tertutupi oleh rerumputan tersebut.
Komentar

Tampilkan

Terkini