Thursday, October 12, 2017

Bermanfaat Untuk Kesehatan, Bupati Canangkan Senayan Desa Kelor



postkotantb.com | Sumbawa Barat - Pernahkan kita mendengar peribahasa yang mengatakan bahwa "dunia tak selebar daun kelor" ?, itu karena daun ini memiliki ukuran yang kecil, tetapi jangan salah, dibalik ukuran nya yang kecil itu, daunnya memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Karena kandungannya yang melimpah, sehingga para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib, atau "Miracle Tree" .

Drg Fatmawati menerangkan dalam hari pencanangan kosumsi kelor di desa senayan kecamatan poto tano kabupaten sumbawa barat bahwa,  dari hasil pendataan pada tahun 2016 dikecamatan poto tano menemukan beberapa Balita mengalami kekurangan gizi, dari hasil temuan tersebut pihaknya dari Tim Pencerahan Nusantara melakukan kajian dan inovasi terhadap fungsi kelor untuk kesehatan, dari hasil riset tersebut ditemukan kandungan gizi  pada kelor untuk kosumsi makanan balita dengan khasiat  ditemukan tuju kali vitamin C pada jeruk, empat kali calcium pada susu, empat kali vitamin ppada wortel, dua kali protein pada susu dan tiga kali potassium  pada susu dengan keutamaan dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara alamiah, menyegarkan mata dan otak, meningkatkan metabolism tubuh, dapat meningkatkan serum kolesterol secara alamiah dan banyak lagi manfaat lainnya pada tubuh.

Menurutnya, Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan, dan tumbuhan ini juga memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa nya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Penelitian pada manfaat daun kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980, negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah somalia, etiopoa, sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan, dan juga hasil dari tanaman ini di perjual belikan. Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya.

Sementara Bupati Sumbawa Barat Dr Ir W H Musyafirin MM dalam sambutannya pada hari pencanangan kosumsi kelor pada kamis ( 12/10 ) , mengatakan berdasarkan dari Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih didalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi ini karena manfaat daun kelor sangat baik, karena ternyata mengandung :

Diketahui bahwa mengandung Potasium Tiga kali lipat dari pada pisang. Juga mengandung Kalsium Empat kali lipat lebih banyak daripada susu.Dan juga di ketahui memiliki Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk. Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.  Juga memiliki Dua kali lipat protein dari pada susu.


Organisasi inilah yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree setelah melakukan penelitian dan mengetahui manfaat daun kelor lah yang berjasa sebagai penjaga kesehatan yang bisa didapatkan dengan harga murah selama 40 tahun pada negara-negara termiskin di dunia ini. dan berikut Khasiat daun kelor.

Alergi, untuk mengatasi alergi,ambil tiga gagang dan direbus, adas pulasari secukupnya, ditambah satu siung bawang merah, dan ditambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

Herpes, kurap dan luka bernanah, ambil tujuh gagang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus kemudian diitempelkan pada bagian yang bermasalah, Manfaat Buah Daun.

Sakit mata, ambil tiga gagang lalu di tumbuk hingga halus dan ditambahkan air satu gelas, di aduk sampai merata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya untuk tetes mata.

Manfaat daun kelor untuk Rematik, pegal linu, nyeri, ambillah dua gagang dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan lalu di tumbuk sampai halus, setelah halus gosok pada bagian tubuh yang sakit sebagai param.

Menghilangkan flek wajah, ambillah beberapa daun yang masih muda, tumbuk sampai sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak 

“ kelor dapat dijadikan sebagai bahan pengolahan makanan dan obat-pbatan yang diolah dalam bentuk kapsul, untuk itu desa senayan dapat dijadikan sebagai sentra desa kelor agar dapat berdaya saing dengan pangan lainnya “ kata Bupati

Bupati juga berkomitmen untuk membantu desa-desa yang berkomitmen dalam mengolah daun kelor sebagai bahan makanan ringan maupun obat-obatan dengan siap mengelontorkan anggaran Rp 10 juta / desa. 

Hadir dalam pencanangan desa kelor tersebut, Kapolsek seteluk, dan Ramil, Camat Poto tano, tokoh masyarakat, agen PDPGR, kepala desa dan ibu-ibu PKK. (Edi Chandra )

No comments:

Post a Comment