Breaking News

PSPL NTB Tender Proyek Pengelolaan Sampah Modern Gili Terawangan

Kasatker PSPL Sugeng Selamet Menjelaskan Pogres Rencana Pembangunan TPST

Mataram (postkotantb.com)- Satuan Kerja (Satker)  Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan (PSPL) Nusa Tenggara Barat telah menender Pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Gili Terawangan dengan nilai kontrak sebesar 9 milyar lebih.

Pembangunan TPST ini memang telah di rencanakan sejak tahun 2017 lalu. Pembangunan TPST ini di harapkan akan menjadi solusi persoalan sampah di Gili Terawangan. Di lokasi ini nantinya akan di bangun hangggar, mesin pencacah dengan kapasitas 800 kilo perjam atau 6,4 ton perhari. Mesin pengepres, forklift, konveyor, kantor operasional pengelolaan serta pagar keliling dengan luas 40 are.

Kasatker PSPL Sugeng Selamet menjelaskan selain sebagai tempat pembuangan sampah, sampah yang di kumpulkan akan di kelola menjadi barang bernilai ekonomis, seperti sampah organik akan di buat pupuk kompos, sedangkan sampah non organik di daur ulang dan di jual lagi.

"harapan kita adanya TPST ini menjadi solusi masalah sampah yang selama ini tak kunjung selesai, peralatan disini nantinya akan modern, dari mesin pencacah hingga mesin pengepres," paparnya.

Data PSPL menyebut jumlah produksi sampah di Terawangan rata-rata 12 ton perhari. TPST di terawangan merupakan TPST ke tiga yang di bangun di NTB. Selain di terawangan TPST juga di bangun di Lotim dan Bima. Pembangunan TPST di targetkan selesai pembangunannnya pada bulan September.

Karena pada bulan Oktober akan ada pertemuan Annual Meeting IMF di Bali dimana sebagian peserta akan mengunjungi Gili Terawangan.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close