Breaking News

Jelang Ramadhan Harga Sembako Relatif Stabil

Pasar Senggol Tanjung KLU

Lombok Utara (postkotantb.com)- Harga kebutuhan pokok di pasar menjelang datangnya bulan ramadhan biasanya akan mengalami kenaikan, kenaikan harga kebutuhan pokok disebabkan oleh tingginya intensitas pembelian tidak dibarengi oleh jumlah stok yang tersedia ditingkat produsen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang datangnya bulan ramadhan.

Pantauan media ini di pasar Tanjung, Lombok Utara. Harga kebutuhan pokok menjelang ramadhan relatif stabil, hanya saja salah satu kebutuhan pokok yang mengalami kelonjakan harga yakni cabe rawit. Melonjaknya harga cabe rawit menyebabkan beberapa pedagang mengeluh karena menurunnya daya beli masyarakat terhadap cabe rawit, sehingga omset pedagang berkurang. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan harga yakni gula pasir, tepung kanji dan bawang merah.

Ketut Suartini saat diwawancarai mengatakan, bahwa sebelumnya harga gula pasir lokal per kilogram hanya Rp.10.800,- tapi sekarang naik menjadi Rp.11.000.- Selain gula pasir jenis lokal, bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan adalah tepung jenis kanji yang mencapai harga Rp.10.000,- per kilogramnya.
“gula pasir dan tepung kanji harganya sudah naik sekarang, tapi harganya masih terjangkau,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh ibu zohriah mengungkapkan hal yang sama, bahwa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga adalah bawang merah yang sebelumnya Rp.10.000,- per kilogramnya saat ini naik menjadi   Rp.25.000,- per kilogram, kenaikan yang sangat terasa adalah harga cabe rawit yang sebelumnya Rp.8.000,- naik menjadi Rp. 40.000,- per kilogramnya sementara harga beras dan minyak goreng masih stabil. bahan-bahan yang lainnya seperti telur dan beras ketan justru mengalami penurunan harga tapi tidak signifikan. Kebiasaan yang terjadi selama ini, kenaikan harga bahan kebutuhan pokok akan naik menjelang H-7 ramadhan.

“harga bawang merah dan cabe rawit naik mas, dari harga biasa yang saya beli sepuluh ribu, jadi dua puluh lima ribu, apalagi cabe rawit dari delapan ribu jadi empat puluh ribu, jadinya mikir mas saya mau beli kiloan,” terangnya.

salah satu penjual daging yang ada di pasar tanjung yakni ibu Ar mengaku harga daging di pasar tanjung relatif stabil, belum ada kenaikan. Biasanya akan naik menjelang idul fitri. untuk daging ayam masih berkisar Rp.40.000 dan daging sapi Rp.110.000,- perkilonya.

Terpisah, salah seorang ibu rumah tangga murniati berharap kepada pemerintah daerah agar terus memantau dan melakukan operasi pasar (OP), dalam hal ini Disperidag KLU agar turun memantau harga bajan sembako. “Mudah-mudahan disperindag terus memantau harga bahan sembako, supaya tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan menjelang datangnya bulan ramadhan dan idul fitri,” Harap murniati (Daniel Hasibuan)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close