Breaking News

Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Triwulan Pertama Tembus Target

Kepala Bapenda NTB Iswandi Menunjukan Monitor Pemasukan PKB Kepada Kasubdit Regident Ditlantas Polda NTB Kompol Nurhadi Ismanto SIK

Mataram (postkotantb.com)- Penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) pada triwulan pertama melampui target meskipun ada penambahan waktu. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nusa Tenggara Barat mencatat penerimaan pajak kendaraan bermotor melampui target yakni 28,18 persen atau setara dengan 107. 802.362. 641 lebih dari target 20 persen.

Meski ada penambahan waktu namun penerimaan pajak kendaraan bermotor berhasil di kejar. Selain PKB penerimaan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) juga melampui target. Terhitung hingga tanggal 25 April penerimaan BBNKB mencapai 109.802.513.464 atau sebesar 32,84 persen.

Pencapaian target juga pada pajak bahan bakar kendaraan bermotor yang berhasil di pungut mencapai 71.288.944.045 atau 33,70 persen dari target 211.545.000.000. Kepala Bapenda Provinsi NTB Iswandi menjelaskan pencapaian target pajak tersebut tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak termasuk dengan Ditlantas Polda NTB yang menerapkan berbagai inovasi jemput bola.

"ini keberhasilan bersama Bapenda tidak bisa berjalan sendiri, kinerja dari satuan lalu lintas juga sangat berarti dengan inovasi sehingga memudahkan wajib pajak membayar pajak," pujinya.

Peningkatan penerimaan pajak juga di sampaikan oleh Kasubdit Regident Ditlantas Polda NTB Kompol Nurhadi Ismanto SIK. Menurutnya kesadaran masyarakat membayar pajak sudah mulai membaik. Ia mencatat setidaknya 200 wajib pajak di layani setiap hari dan angka ini menurut Nurhadi di bandingkan dengan beberapa provinsi lain di Indonesia semisal Riau, Sumatera Utara ataupun Batam yang angka penerimaan pajak dari kendaraan bermotor tidak sebesar di NTB.

"animo masyarakat untuk membayar pajak kendaraan cukup tinggi, kami disini setidaknya melayani 150 sampai 200 wajib pajak setiap hari, ini angka yang cukup tinggi," paparnya.

Bapenda bekerjasama dengan Ditlantas Polda NTB sendiri telah membuat inovasi jemput bola pajak kendaraan bermotor seperi program Pahala. Dan rencananya besok, Kamis (26/4) Bapenda NTB bersama Satlantas Polres Lobar akan melaunching Samsat On Call. Dimana wajib pajak bisa menelpon petugas samsat untuk mengambil berkas pemabayaran pajak kerumah.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close