Breaking News

Jangan Lupa Saksikan Acara Ngandang Rowot, Peringatan Tahun Baru Sasak


Mataram (postkotantb.com)- Desa Wisata Ende Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah pada hari Jum'at (11/5) depan akan menggelar acara Ngandang Rowot yakni peringatan tahun baru Suku Sasak Lombok. 

Ngandang Rowot merupakan penentuan tahun baru Sasak Lombok dimana penentuannya mengikuti kalender tahun Hijriah atau dengan melihat rasi bintang. Upacara ini sendiri di gelar setiap tahun untuk penentuan tanggalan tahun baru. Selain untuk keperluan adat juga upacara ini juga untuk menentukan waktu  berpuasa. Oleh karena itu Ngandang Rowot selalu mengikuti bulan atas atau kalender islam Hijriah. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Ende Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tantowi Surahman menjelaskan penentuan kalender Sasak ini telah di lakukan  oleh para budayawan Sasak. Sementara pada hari Jum'at (11/5) nanti merupakan peringatan puncak Ngandang Rowot atau penanggalan tahun baru Sasak. 

Pada acara nanti setiap tamu yang datang akan di suguhkan kue tradisional "Cerorot" yakni kue yang di buat dari tepung beras yang di bungkus dengan daun kelapa dan berbentuk silinder. Para tamu yang hadir akan di ajak untuk membawa dulang yang berisi kue tersebut bersama para wanita lengkap dengan pakaian adat Sasak. 

"peringatan puncaknya nanti pada hari jumat sore, jadi kue cerorot ini di bawa dengan dulang dan di arak dari masjid terdekat ke kampung, jumlah ada sekitar 2000 kue yang di buat masyarakat," paparnya. 

Desa Ende Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah meruapakn satu dari sejumlah desa di Lombok yang masih mempertahankan budaya asli Suku Sasak. Di desa ini masyarakatnya sebagian besar bekerja sebagai petani, namun dalam beberapa tahun Desa Ende di sulap menjadi desa wisata. Sejumlah atraksi budaya dapat di saksikan di tempat ini salah satunya adalah proses pemintalan kapas menjadi benang yang di gunakan untuk menenun kain tradisional sasak.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close