Breaking News

DPD RI Dan Iwapi NTB Kembali Buka Dapur Umum Disejumlah Lokasi Bencana

Selain di Lombok Iwapi NTB juga buka dapur umun di Sumbawa
Mataram (postkotantb.com)- Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  Republik Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Nusa Tenggara Barat membuka dapur umum di sejumlah titik pengungsian di Pulau Lombok dan Sumbawa. 

Anggota DPD RI sekaligus ketua Iwapi NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi menjelaskan dapur umum tersebut di buka untuk menyediakan makanan siap saji berupa nasi bungkus yang di sebar ke pengungsi yang berada di sekitar dapur umum tersebut. 

Sebelumnya DPD RI dan Iwapi NTB juga membuka dapur umum di wilayah Narmada Kabupaten Lombok Barat dan Selebung Batu Kliang Kabupaten  Lombok Tengah. Sedangkan sejumlah dapur umum susulan yang di buat berada di Otak Desa Timuk Batu Kliang, Ampenan Mataram, Sambelia, Lading Lading KLU, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar. Selain membantu pemerintah menyediakan makanan siap saji juga karena adanya daerah terdampak gempa yang belum mendapatkan bantuan khususnya penyediaan makanan siap saji. Jumlah nasi bungkus yang di sediakanpun bervariasi dari 400-2500 bungkus perhari. 

"Beberapa dapur umum kita buka, kemarin sudah kita buka di Narmada dan Selebung, sekarang kita buka di Sumbawa karena kita tau wilayah ini juga terdampak gempa dan belum maksimal penanganannya," papar Baiq Diyah. 

Adapun pembiayaan untuk dapur umum ini, Baiq Diyah mengatakan bahwa dana operasional dapur umum berasal dari subsidi DPD RI dan Iwapi di kabupaten kota, selain itu berasal dari sumbangan pengurus Iwapi di sejumlah provinsi seperti di Papua dan Jawa Barat. Sementara semua bahan, peralatan dan tukang masak berasal dari Iwapi yang di bantu masyarakat sekitar. Untuk pendistribusian ke pengungsi bekerjasama dengan pengurus desa setempat.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close