Breaking News

Polda NTB Gelar Trauma Healing Bagi Anak Korban Gempa Dilapangan Tanjung

Polda NTB gelar Trauma Healing bagi korban gempa di KLU
Lombok Utara (postkotantb.com)-  Tim Pelayanan Psikologi Bag Psikologi Ro SDM Polda NTB menggelar kegiatan trauma healing bagi korban bencana gempa Lombok NTB Hari Senin (13/8) di posko pelayanan psikologi Lapangan Supersemar Tanjung dan posko pengungsian Polsek Pemenang Lombok Utara.

Adapun kegiatan trauma healing yang di lakukan adalah memberikan pelayanan konseling psikologi dan pendampingan psikologi bagi korban gempa di kecamatan Tanjung berjumlah 27 orang baik lansia, para ibu ibu maupun anak anak. Sementara di posko pengusian Polsek Pemenang berjumlah 18 yang terdiri atas lansia dan para wanita. Pelayanan  psikologi di berikan dengan metode konseling dan relaksasi yang bertujuan untuk mengurangi beban trauma yang korban miliki.

Langkah kedua adalah memberikan pelayanan Trauma Healing untuk anak2 di kecamatan Tanjung berjumlah 75 orang dan di Posko pengungsian Polsek Pemenang berjumlah 50 orang dengan metode penghiburan dan rekreasi seperti dongeng, bernyanyi, terapi bermain dan games. 

Kegiatan Trauma Healing dilaksanakan secara indoor dan outdoor dengan tujuan untuk meringankan beban dan mencegah trauma berkepanjangan.

Selama kegiatan pelayanan psikologi di hadiri oleh Bapak Presiden RI, Panglima TNI, Bapak Kapolri, Karo Psi SSDM Polri dan rombongan di lapangan supersemar kec Tanjung Lombok Utara. Para rombongan cukup antusias dan memberikan apresiasi pelaksaan kegiatan tersebut.

Tim dari Polda NTB juga memberikan pelayanan psikologi berupa Bakti Kemanusiaan, Psychology First Aid dan Stabilisasi Psikis kepada personel Polsek Tanjung dan Pemenang serta warga korban gempa di wilayah kecamatan Tanjung dan Pemenang Lombok Utara. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan bantuan sembako, makanan dan minuman serta memberikan pendampingan psikologis guna menstabilisasikan kondisi psikis korban gempa di Kecamatan Pemenang.

Terakhir kegiatan yang di lakukan adalah hiburan di malam hari dengan cara menonton bareng (nobar)  film edukasi dan anak anak serta bermain/games ringan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melupakan peristiwa bencana yang dialami sehingga tercipta keceriaan pada dirinya.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close