Breaking News

Mulai Musim Hujan Satgas Rekonstruksi Dan Rehabilitasi Gerak Cepat Bangun Huntap

Anggota Satgas Rehabilitasi bersama warga bahu membahu bangun hunian tetap
Lombok Utara (postkotantb.com)- Sejak diresmikan sebagai perpanjangan Kogasgabpad pada tanggal 21 November 2018, Satgas Rekonstruksi dan Rehabilitasi NTB terus berupaya membantu masyarakat korban gempa terutama pembangunan rumah hunian tetap (Huntap) di seluruh Kabupaten dan Kota yang terkena dampak gempa pada Agustus 2018 lalu.

Hal itu diungkapkan Dansubsatgas II wilayah Kabupaten Lombok Utara Mayor Inf I Nyoman Dirga, SH. MH., saat membantu pembangunan Rumah Instan Sehat dan sederhana (Risha) di Lombok Utara, Jumat (30/11).

Dilanjutkannya, Satgas Rekonstruksi dan Rehabilitasi bersama Pemerintah Daerah akan berupaya semaksimal mungkin untuk pembangunan Rumah baik Risha, Riko maupun Rika mengingat sekarang sudah mulai musim hujan. "Kasihan saudara-saudara kita yang rumahnya sudah tidak ada lagi, kemana mereka akan berteduh dan tidur kalau musim hujan seperti ini," kata Dirga.

Selain itu sambungnya, saat ini, ia bersama anggota Babinsa juga sedang melakukan pendataan ulang jumlah Kelompok masyarakat (Pokmas) yang ada diseluruh desa dan pendampingan sosialisasi pembangunan rumah Risha, Riko dan Rika serta pembuatan Posko informasi tentang rekonstruksi dan rehabilitasi ditiap-tiap desa yang anggotanya ada dari PUPR, Babinsa dan Babinkamtibmas sehingga masyarakat tidak kebingungan untuk mencari informasi.

Terpisah, Dansatgas Rekonstruksi dan Rehabilitasi Kolonel Inf H. Farid Makruf, MA., disela-sela kesibukannya memberikan apresiasi kepada anggota Satgas yang dipimpinnya. "Terimakasih atas kerjasama seluruh anggota yang telah dengan tulus ikhlas membantu saudara kita korban gempa baik di Lombok maupun Sumbawa," kata Farid.

Menurutnya, dalam proses rekonstruksi ini, ada beberapa kendala yang dihadapi dilapangan terutama terkait dengan minimnya jumlah aplikator yang mencetak panel Risha dihadapkan dengan jumlah rumah yang akan dibangun, belum adanya ketetapan harga bahan bangunan untuk rumah Riko dan perizinan pemanfaatan kayu untuk rumah Rika. 

Namun kami bersama Pemda sambungnya, terus mendorong dan membantu fasilitator untuk bekerja secara masif sehingga kendala-kendala tersebut bisa teratasi dengan baik termasuk pembuatan daftar harga bahan bangunan.

Mantan Danrem 162/WB tersebut juga menghimbau agar masyarakat tetap bersabar karena ini musibah dan ujian untuk kita semua. "Mari kita berdoa bersama-sama agar semua yang kita upayakan ini bisa berjalan aman dan lancar sehingga masyarakat korban gempa bisa memilliki rumah kembali," pungkasnya.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close