Monday, December 24, 2018

Kapolda Launching Aplikasi Samsat Delivery, Bayar Pajak Semudah Memesan Gojek


Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri (Dua dari kiri) bersama Kelapa Bappenda NTB H. Iswandi, Kacab Jasa Raharja Amirudin Zein dan Dirlantas Polda NTB AKBP Amin Litarso berpose usai melaunching Samsat Delivery di KEK Mandalika, Minggu (23/12)
Mataram (postkotantb.com)- Bertempat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Minggu (23/12) Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri bersama Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) H. Iswandi, Kacab Jasa Raharja Amirudin Zein dan Dirlantas Polda NTB AKBP Amin Litarso resmi melaunching aplikasi Samsat Delivery Online. 

Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri menjelaskan Samsat Delivery merupakan inovasi terbaru yang bisa di unduh melalui HP Android.  Melalui layanan berbasis aplikasi ini masyarakat bisa mendaftar dan memesan pembayaran pajak. Setelah di order petugas akan datang membawa blanko legislasi yang langsung memproses pembayaran masyarakat.

"Ini merupakan program inovatif yang baru dan pertama kali ada di Indonesia. Kami berharap dengan adanya Samsat Delivery ini kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah NTB semakin meningkat," kata Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri, saat melaunching Samsat Delivery. 

Kapolda Achmat Juri menyampaikan, selain untuk mempermudah masyarakat NTB dalam membayar PKB, program Samsat Delivery ini juga dapat digunakan untuk memudahkan proses verifikasi kepemilikan kendaraan bermotor. 

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah atau Bappenda NTB, Iswandi menyampaikan program Samsat Delivery ini merupakan sebuah langkah terobosan inovasi dari Pemprov NTB untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak di NTB. 

Melalui aplikasi Samsat Delivery, wajib pajak khususnya masyarakat NTB dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan secara online.

"Kami melakukan terobosan yang milenial melalui program Samsat Delivery NTB. Di jaman yang digital ini semua harus dipermudah, jadi program ini segampang kita isi pulsa atau pesan makanan melalui go jek," ujar Iswandi.

Inovasi menggunakan teknologi IT ini sebagai upaya Bappenda untuk memudahkan msyarakat membayar pajak sekaligus menanamkan kesadaran masyarakat agar lebih aware lagi membayar pajak. Terlebih pada tahun 2019 nanti Bappenda NTB menaikkan target penerimaan pajak kendaraan bermotor. 

'Pada tahun 2019 mendatang target PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari PKB tercatat Rp 403 Milyar atau meningkat sebesar Rp 40 Milyar di tahun 2018," paparnya. 

Sebagai informasi, peluncuran Samsat Delivery NTB di KEK Pariwisata Kuta Mandika, Lombok Tengah ini bersamaan dengan dilakukannya acara puncak Gebyar Pajak Kendaraan 2018 oleh Bappenda NTB.(RZ) 

No comments:

Post a Comment