Thursday, December 6, 2018

Lombok Diguncang Gempa 5,7 Magnitudo, Warga Panik Dan Berhamburan Keluar


Gempa dengan kekuatan 5,7 M mengguncang Lombok Kamis pagi, (6/11)
Mataram (postkotantb.com)- Gempa kembali mengguncang Lombok dengan kekuatan 5,7 Magnitudo, Kamis (6/12). BMKG mencatat pusat gempa berada di 23 kilometer barat laut Kota Mataram atau 24 Kilometer barat laut Lombok Utara dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa di nyatakan tidak berpotensi tsunami. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault). 

Getaran gempa tidak hanya di rasakan hampir di seluruh wilayah pulau Lombok, namun getaran gempa juga cukup keras di rasakan di Pulau Sumbawa khususnya Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa serta sejumlah wilayah di Bali. 

Getaran gempa ini membuat panik warga, bahkan hampir semua sekolah memulangkan semua siswanya karena takut adanya gempa susulan. Kepanikan juga terjadi di Kantor BPBD NTB dan kantor Imigrasi Mataram. Para pegawai berhamburan keluar gedung dan mencari posisi aman. 

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap aman dan tidak mempercayai adanya isu hoaxs. Sampai berita ini di turunkan belum ada laporan bangunan yang rusak ataupun adanya korban jiwa.(RZ) 

No comments:

Post a Comment