Saturday, December 29, 2018

Menpar Launching CoE NTB 2019, Support Anggaran 1 Milyar Per Event

Pukul gendang, Gubernur NTB dan Kemanpar resmi melaunching Calender Of Events NTB 2019 di Terminal 3 area kedatangan Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (29/12)
Mataram (postkotantb.com)- Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dengan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah di dampingi senator asal NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi dan Kadispar NTB Lalu Mohammad Faozal melaunching calender events 2019 di Terminal 3 Area Kedatangan Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (29/12). 

Total terdapat 18 slot event yang resmi di launching. Dari 18 event tersebut empat event masuk dalam 100 top event nasional. Keempat event tersebut diantaranya adalah Festival Pesona Bau Nyale, Festival Tambora, Festival Moyo dan Khazanah Ramadhan.

Arief Yahya mengatakan Kemenpar juga memberikan suport dan bantuan agar pelaksanaan event tersebut berjalan lancar. Khusus untuk empat event yang masuk dalam top event nasional mendapat support dana sebesar 1 milyar rupiah per event. Tidak itu saja Kemenpar juga membantu mempromosikan melalui jejaring media milik Kemenpar di luar negeri, selain menggelar berbagai kegiatan seperti famtrip, sale mission, Mice dan beberapa kegiatan promosi lainnya dan juga memanfaatkan media sosial.

“Kami ucapkan selamat atas launching CoE NTB untuk 2019. NTB jadi provinsi pertama di Indonesia yang melaunching CoE-nya untuk tahun depan. Mereka memiliki 4 agenda dengan status 100 Top Event Nasional. Jumlah ini sangat banyak karena setiap provinsi idealnya hanya 3 event yang masuk,” terang Menpar.

Meski pariwisata NTB masih dalam masa recovery namun, Menpar optimis pariwisata NTB akan bangkit kembali. Selain memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya, NTB kata Menpar telah memiliki magnet dan brand tersendiri yakni sebagai destinasi wisata halal. Menpar membeberkan mengacu pada Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018, NTB berada di urutan pertama dengan nilai 58. Strip kedua ditempat Aceh, lalu Jakarta di posisi 3. Pada 2016, NTB bahkan memenangkan 3 award di World Halal Tourism Award.

Sementara Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah optimis pariwisata NTB akan pulih paska terjadinya bencana. Dukungan dan support Kemenpar dan Presiden ujar Dr. Zul menjadi motivasi untuk mempercepat pemulihan pariwisata NTB. 

"Ini menjadi motivasi bagi kami untuk bangkit, dukungan dan support luar biasa pak Arief dan pak Presiden Jokowi sangat kami butuhkan, terima kasih banyak, calender event ini membuktikan keseriusan kami menemptkan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan pada program pemerintahan kami," papar gubernur. 

Khusus untuk aksesibilitas, gubernur menyatakan pihaknya saat ini telah melobi beberapa maskapai untuk membuka rute direct ke Lombok. Salah satunya adalah dari Perth Australia ke Lombok. Selain itu lanjut gubernur Bandara Internasional Lombok terkoneksi langsung dengan Malaysia dan Singapura. Ada 2 maskapai yang menghubungkan rute ini, yaitu Silk Air dan AirAsia. NTB juga terkoneksi dengan kota besar Makassar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Bali. Maskapainya Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air.(RZ) 

1 comment: