Friday, December 14, 2018

Surya Paloh : Kembangkan Pariwisata Pemerintah Harus Libatkan Masyarakat

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh memberikan Kuliah Umum Kebangsaan yang diselenggarakan di Bencingah Agung, Gerung-Lombok Barat (13/12)

Lombok Barat (postkotantb.com)- Ditemui saat jamuan makan malam seusai memberikan Kuliah Umum Kebangsaan, Ketua Umum Partai Nasdem H. Surya Paloh memberikan pesan khusus kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

"Potensi Lombok Barat khususnya pariwisata sangat luar biasa. Apa yang sudah ada tidak hanya sekedar dipertahankan, tetapi harus dikembangkan," ujar Surya Paloh.

Pria yang identik dengan cambang lebat itu, lalu memberikan tips agar pariwisata di Lombok Barat bisa berkembang. Menurutnya, Pemerintah jangan hanya berkutat bekerja sendiri, namun harus melibatkan masyarakat sebagai pelaku pariwisata.

"Tantangan ada pada bagaimana mengajak peran dan partisipasi masyarakat Lombok Barat agar memahami kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah bermuara akhir bagi kepentingan masyarakat itu sendiri," tambah Surya Paloh.

Pemilik salah satu media besar nasional tersebut, menaruh harapan besar agar potensi Lombok Barat bisa berkembang dan menjadi penguat dalam pembangunan. Salah satu menurutnya adalah faktor kepemimpinan.

"Saya mengenal Bupati Lombok Barat sebagai sosok muda yang penuh dengan inovasi dan berintegritas tinggi," ujarnya. 

Kepemimpinan menjadi penting, tambahnya, karena cara pandang masyarakat yang  diistilahkannya sebagai primordial paternalistik.

"Kalau suatu daerah memiliki figur seorang pemimpin yang mempunyai integritas diri, visi yang cukup bsik, dan mampu mengkoordinir jajaran birokrasi yang dipimpinnya, akan dapat dilihat progres pembangunan di wilayah itu akan sangat luar biasa," pungkas Surya Paloh.

Seperti diketahui, Lombok Barat saat ini dipimpin oleh H. Fauzan Khalid sendiri. Ia tidak memiliki wakil bupati pasca dilantik sebagai bupati Juni 2016 yang lalu. 

Kepemimpinannya telah dirasakan berdampak besar bagi masyarakat Lombok Barat sehingga terpilih kembali dalam Pilkada Serentak 2018 lalu dan berpasangan dengan Hj. Sumiatun. 

Duet ini belum definitif bisa memimpin daerah yang memiliki luas 1053,9 Km2 karena belum dilantik oleh Gubernur NTB. Mereka akan dilantik pasca masa jabatan Fauzan Khalid berakhir 23 April 2019 nanti.

Dalam visi saat mereka kampanye, pariwisata dan pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu visi pembangunan di Lombok Barat untuk tahun 2019-2024.

Salah satu visi mereka untuk memperkuat pembangunan pariwisata adalah dengan merevitalisasi kawasan wisata Senggigi, Kawasan Sekotong dan Gili Gede, serta Kawasan Sekawan Sejati.

Revitalisasi destinasi itu akan seiring sejalan dengan event promosi dan penguatan sumber daya manusia yang menjadi pelaku utama pariwisata di Lombok Barat. 

Fauzan sangat menyadari bahwa pariwisata menjadi salah satu andalan untuk mencuri perhatian nasional sekaligus untuk menguatkan kapasitas pembangunan.

"Paling tidak, 65% PAD berasal dari industri pariwisata. Sektor ini juga memiliki multiplayers effect terhadap sektor perekonomian lainnya," terang Fauzan Khalid di kesempatan berbeda. 

Surya Paloh hadir ke Kabupaten Lombok Barat dalam rangka memberikan kuliah umum kebangsaan. Kuliah tersebut dihadiri oleh ribuan masyarakat dan diselenggarakan di Bencingah Agung Pemerintah Kabupaten Lombok Barat di Gerung, Jum'at (RZ).

No comments:

Post a Comment