Sunday, March 24, 2019

Gandeng Konselor Malaysia, Universitas Hamzanwadi Beri Trauma Healing Korban Gempa

Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah membuka symposium trauma healing pasca gempa di Universitas Hamzanwadi
Lombok Timur - Universitas Hamzanwadi bersama kampus sejumlah kampus di dalam dan luar negeri beserta Persatuan Konselor Pendidikan (PEKA) Malaysia, Ikatan Konselor Indonesia (IKI) dan Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (Abkin) memberikan bantuan berupa materi dan bantuan terapi psikologis kepada para korban gempa Lombok selama tiga hari yakni 24 hingga 26 Maret di YPH PPD NW Pancor.

Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) pusat bersama pengurus ABKIN daerah yang diketuai Musifuddin selaku wakil rektor III dan dosen BK di Universitas Hamzanwadi, mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kami juga mengapresiasi teman-teman Ikatan Konselor Indonesia (IKI) yaitu Dr. Ifdil dan rekan-rekan di Universitas Negeri Padang (UNP) dan di Universitas lain yang tergabung di dalamnya, yang telah berkali-kali juga memberikan kunjungan serta bantuan materi dan trauma psikologis yang sangat berarti bagi korban gempa yang ada di Lombok,” kata Dr. Muhammad Halki seperti keterangan tertulis yang diterima media ini, Minggu (24/03).

Dia berharap melalui simposium ini terjalin kerjasama yang baik ini bisa terus dilanjutkan untuk mengurangi dampak traumatik masyarakat yang menjadi korban gempa.

Dr. Muhammad juga berharap peran tenaga konseling atau guru BK dalam mendampingi trauma peserta didik di sekolah meningkatkan kemampuannya dan mengembangkan keahlian khusus, dengan berbagai pendekatan terapi.

Simposium tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Dr. Hj. Rohmi Djalilah. Dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan terssbut, karena pasti akan banyak manfaat untuk NTB terutama bagi wilayah yang terkena dampak bencana. (RZ)

No comments:

Post a Comment