Breaking News

Kasad: Lomba Karya Jurnalistik TMMD Wujud Nyata Sinergitas Mitra Media dan TNI AD

Tingkatkan sinergisitas media dan TNI AD, Dispenad gelar lomba karya jurnalistik
Jakarta (postkotantb.com)- Lomba Karya Jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (LKJ TMMD) merupakan program terobosan TNI AD dan Mitra Media untuk bersinergi membangun negeri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya, dalam rilis tertulisnya di Jakarta, Kamis (20/6).

Diungkapkan Kadispenad, di sela-sela kegiatan Rakornis TMMD ke-105 yang digelar di Mabesad, Kamis (20/6), Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Sosial RI (Mensos RI),  Agus Gumiwang berkesempatan untuk memberikan penghargaan dan hadiah bagi para pemenang lomba karya jurnalistik TMMD Reguler ke-104 tahun 2019.

“Lomba ini sudah berlangsung untuk ke sekian kalinya. Selain untuk pemberian informasi, lomba ini juga sebagai media transparansi kegiatan kepada rakyat dan pemerintah,” ujar Candra.

Dikatakan Candra, sebagaimana telah berlangsung sebelumnya, pada lomba LKJ TMMD 104 juga dibagi dalam beberapa kategori, yaitu Dansatgas (Dandim), Pendam, dan Wartawan dari media elektronik maupun cetak/online.

“Beberapa kategori yang kita buat, baru ditujukan kepada individunya. Namun secara khusus, kami juga memberikan apresiasi kepada Pimpinan Medianya juga,” tegasnya.

“Karena kami juga sadar, itu semua dapat terselenggara bukan hanya karena perorangan namun juga kontribusi dari pimpinan maupun staf media,” imbuhnya.

Menurut Candra tingkat partisipasi media dalam mengamplifikasikan kegiatan TMMD 104 sangat luar biasa, bahkan untuk media online tercatat sampai puluhan ribu yang ikut berpartisipasi dalam LKJ tersebut.

“Setiap hari, kita terima ribuan berita, khususnya media online. Baik dari media nasional maupun daerah. Ini menunjukkan bahwa media sangat berperan terhadap program pembangunan daerah tertinggal dan terpencil yang dilaksanakan dalam TMMD 104,” ucap Candra.

“Demikian juga dengan media elektronik dan cetak, mereka juga menyajikan berbagai berita menarik dan humanis yang berhasil mereka liput di lapangan. Bahkan di beberapa tempat, wartawan pun dengan sukarela menuju lokasi yang jauh dan berat hanya untuk menemukan dan menyajikan berita yang menarik dan inspiratif kepada publik,” imbuhnya.

Berdasarkan hal tersebut, sekali lagi Candra menyampaikan apresiasi  dan penghargaannya kepada seluruh wartawan dan pimpinan media yang turut peduli terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan yang digelar TNI AD bersama pemerintah dan  instansi terkait lainnya.

“Oleh karenanya, Lomba Karya Jurnalistik TMMD yang rutin kita gelar ini dapat dikatakan sebagai program terobosan TNI AD dan Mitra Media untuk bersinergi dalam membangun negeri,” tegasnya.

Pada acara tersebut, Kasad dan Mensos, lanjut Candra,  berkesempatan untuk memberikan piagam penghargaan dan hadiah sekaligus foto bersama dengan para pemenang lomba.

“Setelah melalui proses penilaian yang ketat dan independen, akhirnya kita dapat menjaring para pemenang lomba. Kita upayakan semaksimal mungkin dilakukan secara obyektif dan transparan, dimana setiap minggu, laporan dari Dansatgas dan Kapendam kita informasikan kembali kepada mereka,” terang Candra.

 “Saat penilaian, dikarenakan banyak berita yang menarik, tim penilai mengalami kesulitan, namun akhirnya kita berhasil menjaring para pemenang lomba LKJ ini.  Dimana untuk kategori Dansatgas  juara 1 s.d. 3 masing-masing diraih Kodim 0721/Blora, Kodim 1306/Donggala dan Kodim 0418/ Palembang,” rinci Candra.

Kemudian, untuk kategori Pendam, sebagai juara 1 s.d. 3 masing-masing diraih oleh Pendam IV/ Diponegoro, Pendam V/Brawijaya dan Pendam VI/Mulawarman.

“Sedangkan kategori wartawan media elektronik, juara I diraih Fahrani dari  TVRI Jawa Barat (wilayah Kodim 0615/Kuningan) dengan judul TMMD Wujudkan Mimpi Warga, kemudian juara II, Agus Faturohman, Metro TV Batam (wilayah Kodim 1316/Batam) dengan judul Bakti Tentara untuk Warga Desa, serta juara III, yaitu Stefnaf Lesi, I News TV, (wilayah Kodim 1618/Timur Tengah Utara) dengan judul Program TMMD 104 Kodim 1618 Disambut Gembira Warga Desa Noepesu, NTT.

Dijelaskan Candra lebih lanjut, untuk kategori lainnya yaitu wartawan media cetak/online, juara I dan II diraih media cetak, yaitu masing-masing oleh Golda Eksa dari Media Indonesia (wilayah Kodim 1008/Tanjung) dengan judul Sejumput Asa untuk Masyarakat Desa Hayub, dan Dwi Setiawan dari Radar Tuban (wilayah Kodim 0811/Tuban), dengan judul Merajut Kebersamaan Mewujudkan Mimpi, serta juara III diraih media online yaitu Muhammad Bakri dari Detik.com (wilayah Kodim 1422/Maros), dengan judul Jalan Dibangun, Warga Pedalaman Maros Sulsel “Merdeka” dari Keterasingan.

“Hadiah yang diberikan mungkin tidaklah terlalu seberapa besar, namun dengan adanya LKJ ini, semoga tidak semata-mata dijadikan sebagai ajang kompetisi, namun lebih dari itu, yaitu untuk mewujudkan tekad bersama dalam bersinergi membangun negeri,”pungkasnya. (RZ/Dispenad)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close