Wednesday, June 12, 2019

Lebaran Ketupat “Syawal Sholah Sholeh Sholoh Berlangsung Meriah

Bupati Lombok Tengah HM.Suhaili FT  Memotong Ketupat Pada Acara Festival Syawal Sholah Sholeh Sholoh, Rabu (12/6).
Lombok Tengah (postkotantb.com)- Acara perayaan lebaran ketupat yang dikemas dalam “Festival Syawal Sholah Sholeh Sholoh” di pantai Kuta, Pujut, Lombok Tengah berlangsung meriah dan semarak.

Ribuan masyarakat Lombok Tengah yang terdiri dari para pejabat dan ASN lingkup Pemda Loteng serta tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat umum memadati pantai Kuta dan sekitarnya yang menjadi lokasi acara yang dimotori oleh Pemda Loteng tersebut, Rabu (12/6).

Kegiatan ini di isi dengan berbagai kegiatan seperti sahadat tobat, arak-arakan topat agung dan dulang saji serta santunan kepada anak yatim.

Bupati Lombok Tengah HM.Suhaili FT dalam sambutannya menyampaikan bahwa, event atau festival ini akan di jadikan sebagai agenda rutin setiap tahunnya. Bahkan menurut Bupati, kegiatan ini akan diupayakan untuk bisa menjadi salah satu event nasional, seperti halnya event Bau Nyale.

Perayaan Lebaran topat bukan hanya sekedar lebaran, Namun untuk melestarikan budaya masyarakat yang didasari dengan ajaran agama. Yakni berupa anjuran berpuasa sunnah 6 hari setelah hari raya idul fitri, atau puasa awal Syawal.
“Lebaran topat inilah yang menjadi hari kemenangan bagi mereka yang puasa sunnah selama 6 hari pada awal bulan Syawal yang oleh para pendahulu kita dirayakan secara terus menerus dan dilestarikan sampai saat ini,” terang Bupati

Sementara selain sebagai ajang silaturrahim, kegiatan yang juga dihadiri oleh kepala dinas Pariwisata Provinsi NTB L.Faozal, Wakil Bupati Lombok Tengah. Kapolres, Danramil, Kajari Praya tersebut, juga diharapkan sebagai ajang untuk memperkenalkan berbagai khasanah budaya yang dimiliki Loteng.

Adapun Sejumlah warga yang dimintai keterangannya mengaku cukup senang dan terhibur dengan pelaksanaan lebaran ketupat di pantai Kute tersebut.

Jika sebelumnya, festival perayaan lebara ketupan hanya berlangsung di pantai Batukayar, Lobar. Kini masyarakat Loteng bisa merayakan di pantai Kute, ungkap warga dengan gembira. (Adv/Said)

No comments:

Post a Comment