Saturday, July 13, 2019

Brand Wisata Halal Belum Maksimal Gaet Muslim Traveller


Ketua Asita NTB Dewantoro Ombu Joka menyatakan kurangnya akses penerbangan dari Timteng ke Lombok berdampak pada minimnya angka kunjungan wisatawan asal Timteng ke Lombok

Mataram (postkotantb.com)- Brand Wisata Halal yang di raih oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat ternyata tidak memberikan pengaruh besar bagi kedatangan Muslim traveller ataupun wisatawan asal Timur Tengah.

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Barat Dewantoro Ombu Joka, mengatakan jumlah wisman asal timur tengah yang datang ke Lombok belum sebanyak wisman asal negara Asia Tenggara ataupun Eropa.

Meski tidak ada data secara spesifik jumlah wisman asal timteng yang datang ke Lombok namun menurut Ombu Joka hal tersebut bisa di lihat dari jumlah penerbangan ataupun kedatangan tamu asal timteng yang masuk ke Lombok.

Selama ini wisatawan asal Malaysia dan Australia masih mendominasi angka kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Lombok. Bahkan catatan Asita menempatkan wisatawan asal negeri Jiran mendominasi angka kunjungan wisatawan mancanegara.

Terkait brand wisata halal yang semestinya memantik muslim traveller datang ke Lombok, menurut Ombu Joka, hal tersebut ternyata tidak bisa serta merta mampu menarik minat muslim traveller ataupun wisman timteng datang ke Lombok.

"Secara nasional bahkan terjadi penurunan angka kunjungan wisatawan asal timur tengah, bahkan mencapai 50 persen,  Dan penurunan itu juga terjadi di Lombok, kendala kita di Lombok adalah koneksi atau akses dari luar ke Lombok," papar Dewantoro Ombu Joka.

Ombu Joka berharap maskapai penerbangan dan pemerintah daerah NTB kedepannya mampu membuka rute baru direct Flight (penerbangan langsung) dari timur tengah ke Lombok.

Selama ini wisatawan timur tengah ujar Ombu Joka hanya singgah di sejumlah daerah di Indonesia, seperti Bali, Jawa Barat dan Jakarta.

ombu Joka mengatakan dengan brand wisata halal ketertarikan wisman asal timteng untuk datang ke Lombok semestinya tinggi karena ada beberapa faktor kesamaan culture, religisitas dan faktor lainnya. 

Ombu Joka juga menyoroti kurangnya even serta destinasi wisata yang mampu menarik minat wisatawan asal timur tengah datang ke Lombok.

"Saya berharap ada even serta destinasi baru yang menarik minat wisman asal timteng datang ke Lombok, atau misalnya ada even pra moto gp yang sebentar lagi akan di adakan di Lombok, dikemaslah seperti apa sehingga bisa menarik minat wisatawan timteng datang ke Lombok," pungkas Ombu Joka.(RZ)

No comments:

Post a Comment