Breaking News

Ribuan Peserta Ramaikan Event Gowes Nusantara


Lombok Barat (postkotantb.com)-Pelaksanaan event nasional Gowes Nusantara yang digelar Pemda Lombok Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) berjalan sukses, Minggu (1/9). Sebanyak empat ribu lebih peserta mengikuti event yang digelar ke-3 kalinya itu di kawasan Wisata Senggigi Lombok Barat ini. Jumlah itupun melampaui target. Event itupun langsung dibuka oleh Deputi Pembudayaan Olahraga dan pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Disamping itu dihadiri langsung oleh Bupati Lobar, kepolisian, TNI dan pejabat Lingkup Pemkab Lobar.

“Semangat dari masyarakat begitu luarbiasa mengikuti kegiatan ini, awalnya kami prediksi 3 ribuan peserta, Alhamdulillah bisa mencapai 4 ribuan peserta, melampaui target,” ujar Plt Dispora Lobar, Ma’ad Adnan yang ditemui disela acara Gowes Nusatara yang digelar di Senggigi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Ma’ad mengaku jika pada tahun ini pihaknya memadukan olahraga dan seni. Sebab selain gowes nusantara, pihaknya juga mengelar festival music putra daerah.

“Tujuannya merekatkan persatuan, kita semua bersaudara,” serunya.

Selain itu ia mengungkapkan pada hari itu juga, Lobar sekaligus menjadi lokasi finish dari rangkaian tim jelajah gowes nusantara. Yang diikuti dari 27 orang atau atlit seluruh daerah di Indonesia. Rutenya mengelilingi Indonesi dari Sabang sampai Merauke dan berakhir di Lobar.

“Sebagai bentuk bahwa dia sudah sampai titik finis dikalungkan mendali finisher,” pungkasnya.  

Sementara itu, Bupati Lobar, H Fauzan Khalid berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi kebangkitan pariwisata Lobar pasca bencana gempa. Menurutnya masyarakat Lobar gemar berolahraga. Tidak hanya Gowes saja, beberapa event olahragapun rutin setiap tahunnya digelar Pemkab Lobar.

"Disamping Gowes Nusantara ini kita juga ada event marathon, dan sebagainya,” sambungnya.

Iapun berpesan kepada tim jelajah gowes nusantara untuk tetap menjaga kesatuan, dan kesatuan. Tim itupun sudah menujukan pluralisme dengan keberagaman suku bangsa yang ada didalam tim ini."Ini bentuk pengakuan dan deklarasi bahwa kita ini satu, dari papua sampai sabang,”pungkasnya.

Kesuksesan acara Gowes Nusantara di Lobar itupun diapresiasi Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta yang hadir diacara itu. Menurutnya dengan ramainya peserta yang mengikuti menujukan bahwa olahraga begitu didukung oleh berbagai elemen masyarakat. Sehingga ia meyakini masyarakat Lobar dan umumnya Lombok bisa menjadi masyarkat yang sehat dan bugar.

“Mari olahraga ini kita rutinkan setiap minggunya, apapun itu bentuk olahraganya,” pesannya. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close