Tuesday, October 1, 2019

Serap Aspirasi Warga, Sudirsah Terabas Jalan Setapak Temui Warga di Dusun Bilok Guna


Menggunakan motor Sudirsah Sujanto menemui warga dusun Bilok Guna yang lokasinya terpencil di KLU
Lombok Utara (postkotantb.com)- Pagi ini, Selasa 1 oktober 2019 matahari mulai meninggi. Tampak seorang lelaki melintas menggunakan sepeda motor menyusuri jalan setapak menuju Dusun Bilok Guna Desa Persiapan Sama Guna Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. 

Medan yang agak sulit memaksa pengendara tersebut harus menyeimbangkan badan dan lebih waspada menunggang kuda besinya. Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan akhirnya sampailah ia di Dusun Bilok Guna Desa Persiapan Sama Guna Kecamatan Tanjung, KLU. 

Pria yang mengendarai motor tersebut ternyata Sudirsah Sujanto. Anggota DPRD NTB dapil Lombok Barat-KLU dari partai Gerindra. Kedatangan Sudir di sambut hangat oleh masyarakat yang berada di dusun terpencil tersebut. 

Sudir rela menerabas jalan setapak dan menelusuri medan yang sulit menggunakan motor demi bertemu dengan warga Bilok Guna. Kedatangan mantan wakil ketua DPRD KLU ini tidak lain untuk menyerap keluhan dan aspirasi warga.

Dalam diskusi selama dua jam yang dilakukan Sudir bersama warga, berbagai keluhan dan aspirasi yang di sampaikan. Mulai dari hal remeh temeh hingga persoalan yang menyangkut hajat hidup mereka.


Namun hampir semua warga di dusun ini menyampaikan keluhan  akses jalan dan pipa air bersih. Mereka meminta agar akses jalan menuju dusun Bilok Guna di perbaiki. Kondisi jalan menuju lokasi ini memang berupa jalan setapak dan di kelilingi berbagai macam pohon. Masyarakat berharap agar pemerintah membuka jalan yang bisa di lalui kendaraan roda empat. 

Wilayah ini sendiri merupakan salah satu wilayah yang produktif dengan berbagai hasil bumi seperti kopi, coklat, kelapa, pisang dan hasil perkebunan lainnya. 

Selain akses jalan mereka juga meminta jaringan pipa air bersih. Menurut mereka akses air bersih melalui jaringan pipa sangat sulit. Terlebih sejak gempa melanda wilayah KLU saluran air bersih melalui pipa terputus karena rusak. 

Kelompok tani di daerah tersebut juga mengeluhkan bantuan bibit coklat yang sudah lama di ajukan melalui proposal kepada dinas terkait namun sampai saat ini belum ada jawaban.

Mendengar berbagai keluhan warga tersebut, Sudir berjanji akan membantu warga menyampaikan aspirasi mereka ke Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Utara melalui Fraksi Gerindra yang saat ini duduk di DPRD KLU dan kepada pemerintah Provinsi NTB nantinya melalui pembahasan anggaran dengan TAPD provinsi NTB.

"Kita akan perjuangkan aspirasi warga semua disini, saya akan berkordinasi dengan anggota DPRD KLU dari Fraksi Gerindra untuk membantu, nanti juga saya akan mengupayakan adanya anggaran untuk wilayah ini melalui APBD NTB,"

"Wilayah ini memiliki potensi yang luar biasa terutama dari perkebunan, banyak hasil kebun dan pertanian yang tidak bisa terpasarkan karena terkendala akses" ujarnya. 

Ia berharap kepada pemerintah daerah agar aspirasi masyarakat Bilok Guna ini segera bisa di realisasikan ,mengingat warga masyarakat Bilok Guna adalah bagian dari warga KLU yang taat membayar pajak.(RZ) 

No comments:

Post a Comment