Tuesday, November 5, 2019

Pendakian Ke Gunung Rinjani Resmi di Buka, Pendaki Hanya di Izinkan Sampai Pelawangan

Pendakian ke Gunung Rinjani resmi kembali di buka besok (6/11), namun pendakian hanya sampai ke Pelawangan, Foto/ Denubay.com
Mataram (postkotantb.com)- Setelah menggelar rapat serta melakukan survei, Badan Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) terhitung sejak tanggal 6 Nopember 2019 resmi membuka pendakian ke Gunung Rinjani. 

Sebelumnya BTNGR menutup pendakian ke Gunung Rinjani karena terjadi kebakaran di lereng Rinjani. Meski jalur pendakian di buka namun pendaki hanya di bolehkan hingga ke Pelawangan dan tidak di izinkan hingga ke puncak. 

Menurut Kabalai TNGR Dedy Asriadi pendakian hingga Pelawangan tersebut karena masih adanya potensi bencana yang setiap saat bisa terjadi Seperti letusan gunung Baru Jari, gempa dan longsor. 

"Pendakian hanya sampai Pelawangan saja, kita menghindari kemungkinan terjadinya longsoran atau gempa, Pelawangan masih dalam radius aman bila terjadi sesuatu dan evakuasi bisa segera di lakukan," ujar Dedy. 

Selain itu jalur pendakianpun hanya di buka melalui jalur resmi yakni, Sembalun, Senaru, Timbanuh dan Aiq Berik.

BTNGR juga akan segera melakukan kordinasi dengan Pemprov NTB, Pemkab Lombok Utara dan Lotim untuk melengkapi sarana dan prasarana jalur pendakian. Termasuk memperbaiki jalur pendakian yang rusak akibat gempa serta kebakaran. 

Selain itu akan di pasang papan informasi serta papan info iklim cuaca oleh BMKG. Dedy juga menghimbau kepada pendaki untuk mematuhi semua aturan selama melakukan pendakian.(RZ) 

No comments:

Post a Comment