-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dorong Kewirausahaan di Pesantren, Selly Launching Program Sunmart

    , Saturday, December 28, 2019 WIB Last Updated 2019-12-28T02:32:51Z

    Mataram (postkotantb.com)- Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani resmi melaunching Santri Mart di Ponpes Darul Hikmah Karang Genteng, Kota Mataram, Jumat sore (27/12) kemarin.

    Program Sunmart merupakan ide dan inovasi Selly guna mendorong kewirausahaan di lingkungan pesantren. Apalagi, pada program ini tidak ada pembayaran secara tunai atau cash, tapi menggunakan pembayaran non tunai berupa dompet digital dan aplikasi lainnya.

    "Santri Mart ini adalah cara kita mendorong kewirausahan serta bagaimana  revolusi industri 4.0 bisa terwujud di Ponpes," ungkap Hajjah Selly dalam sambutannya.

    Menurut Selly, ritel modern bertajuk Santri Mart yang digagasnya itu, juga menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk penyediaan produk yang diperdagangkan di gerainya. Sedangkan, lantaran tidak ada pembayaran secara tunai atau cash, maka yang berhubungan adalah Bank BNI 46.

    "Nantinya semua distributor langsung mendrop barang ke Ponpes. Pembayaran nantinya melalui bank," kata Selly.

    "Harapan kami adik-adik santri ini selain menempuh pendidikan agama, mengubah nasib mereka juga untuk jadi entrepreneur," sambung dia.

    Selly menuturkan adanya Santri Mart di pondok pesantren bisa menjadi pembelajaran bagaimana praktik manajemen stok dan sistem dagang di ritel modern, karena semua pegawai dari Santri Mart berasal dari santri pondok pesantren.

    "Jadi dia nggak usah belajar ke mana-mana, selain itu mereka juga bisa mengajarkan ke usaha yang baik dan benar. Bagaimana menjalankan suatu usaha karena sudah ada prektiknya yang mereka dapatkan di sana," jelas Selly.

    Dilihat Sunmart sama seperti dengan toko ritel moden pada umumnya. Hanya saja tampilan depannya didominasi warna putih. Toko yang memiliki luas sekitar 10x10 meter ini pun menjual berbagai kebutuhan seperti makanan sampai kebutuhan sehari-hari.

    Fasilitas di dalam toko pun terdapat kasir dan ruang pegawai sekaligus gudang logistik.

    "Setelah beroperasi ini harapan saya, produk makanan dan minuman yang berasal dari UKM di Karang Genteng bisa masuk dan ditampilkan disini," tandas Hajjah Selly. 

    Sementara itu, Pimpinan Ponpes Darul Hikmah, TGH. Abdul Hamid mengaku, bersyukur atas kepedulian Kepala Dinas Perdangan NTB Hj. Putu Selly Andayani yang menjadikan Ponpesnya sebagai pilot project pertama program Sunmart di NTB saat ini.

    "Semoga dedikasi yang dilakukan Ibu Selly untuk menjadikan santri dapat belajar berwira usaha nenjadikan catatan amal bagi beliau dan keluarganya," tandas TGH. Hamid. (Eka)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini