Breaking News

Jurnalis Lombok Timur Bentuk FJLT


Lombok Timur (postkotantb.com)- Secara aklamasi para jurnalis yang bertugas di Lombok Timur memilih Rusliadi  untuk memimpin Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) dalam kurun waktu 2 tahun kedepan.

Pemilihan tersebut dilakukan dalam Musyawarah Besar FJLT yang  resmi dibentuk di Lesehan Arby Rempung, Sabtu (25/1/ 2020). Dengan mengambil tema “Merajut Kebersamaan” pada kesempatan tersebut juga, telah dibahas Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), sebagai aturan dasar dalam organisasi.

Dalam keterangan persnya, Rusliadi mengatakan bahwa FJLT merupakan upaya untuk mewujudkan persatuan seluruh wartawan di Lombok Timur dalam satu wadah. Tentunya tanpa bersinggungan dengan organisasi kewartawanan yang merupakan wadah resmi tempatnya bernaung.

“Forum ini bertujuan untuk mempersatukan wartawan yang bertugas di Lombok Timur yang selama ini terkesan terkotak-kotak,” ucap Rusli.

Ia juga menambahkan, meskipun wartawan yang tergabung dalam FJLT banyak yang telah tergabung dalam organisasi pers, namun hal itu menjadi nilai tambah untuk memperkuat keberadaan FJLT.

“Meskipun identitas keorganisasian itu tetap melekat, tapi kami yakin itu justru positif. Karena ini wadah komunikasi kita antar jurnalis di Lotim,” tambahnya.

Melalui FJLT, wartawan yang bertugas di Lombok Timur akan mudah terakomodir karena akan ada upaya menginventarisir nama-nama wartawan, yang meliput di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

“Hingga saat ini, anggota kita yang terdata ada 49 orang, kemungkinan ini akan terus bertambah. Mengingat perkembangan media sekarang ini, terutama media online yang begitu pesat,” jelas Rusli .

Selain itu, keberadaan FJLT juga diharapakan dapat meningkatkan kapasitas wartawan sebagai pilar keempat dalam demokrasi. Sehingga wartawan Lombok Timur dapat bekerja berdasarkan kode etik jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomer 40 Tahun 1999.

Tujuan dibentuknya FJLT yakni meminimalisir ruang bagi wartawan yang bertugas di Lombok Timur, yang bertindak diluar UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Selanjutnya, pengurus FJLT akan menggelar pertemuan bersama Dewan Penasehat untuk merumuskan berbagai rancangan program kerja FJLT kedepannya. (DS)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close