Breaking News

Polda NTB Siagakan 2171 Personil Tanggap Bencana

Polda NTB mengerahkan 2171 personil diterjunkan untuk menanggulangi terjadi bencana alam 
Mataram (postkotantb.com)- Kapolda NTB Irjen Pol Tomsi Tohir memimpin upacara gelar pasukan Operasi Kontijensi dengan Sandi Aman Nusa II Gatarin 2020, Selasa 11 Februari 2020 bertempat dilapangan Gajah Mada Polda NTB. 

Dalam sambutannya Kapolda NTB mengatakan bahwa secara geografis wilayah  Polda NTB merupakan salah satu Propinsi Kepulauan berbatasan dengan Samudra Indonesia   bagian Selatan, sedangkan bagian Utara laut flores dengan luas wilayah kurang - lebih 20.153,15 Km persegi,  yang dilalui sekitar 155 buah sungai yang berhulu lebih dari 15 gunung termasuk gunung Rinjani di Pulau Lombok,  dan gunung Tambora di Pulau Sumbawa yang masih aktif.

Dengan geografis tersebut menjadikan NTB sebagai wilayah rawan terjadi bencana seperti banjir bandang, gelombang tinggi,  tanah longsor, gempa bumi, banjir/robabrasi, angin puting beliung, kekeringan, kebakaran hutan, dan gunung meletus.

Provinsi NTB memiliki sumber kekayaan alam potensial salah satunya sperti tambang emas, pasir, tanah uruk dan batu apung,  yang tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa . Dengan adanya kekayaan alam tersebut akan mendorong masyarakat untuk melakukan penambangan secara ilegal sehingga merusak lingkungan  yang berdampak terhadap terjadinya bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Dilaksanakannya apel gelar pasukan  tersebut bertujuan  untuk mengecek kesiapan personil maupun kelengkapan serta menghimpun kekuatan untuk ikut serta berpartisipasi dalam usaha penanggulangan bencana alam baik mencegah maupun pasca bencana.

Adapun jumlah personil yang dilibatkan untuk Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2020 sebanyak 2.171 Orang,  dengan rincian Satker Polda NTB 631 Orang, dan dari jajaran Polres setiap Polres 154 Orang, selesai upacara Kapolda NTB mengecek peralatan/kelengkapan dan personil.(RZ)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close