Rumah Sakit Manambai Abdulkadir Sumbawa Tingkatkan Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan

, Saturday, February 01, 2020 WIB Last Updated 2020-02-01T02:57:32Z
Direktur Rumah Sakit Manambai Abdulkadir dr. Arindra Kurniawan
Sumbawa (postkotantb.com)- Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa Besar, tengah melakukan banyak upaya perbaikan layanan dan fasilitas. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan tipe dari Type C ke Type B.

Salah satu langkah peningkatan layanan di tahun 2020 ini, "kami menambah pelayanan dokter spesialis khusus penyakit kulit dan kelamin," Ujar Direktur Rumah Sakit Manambai Abdulkadir dr. Arindra Kurniawan, Kamis (31/1).

dr. Arindra mengatakan, Untuk menjadi RS tipe B selain memiliki dokter spesialis, juga memiliki dokter umum dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memenuhi kebutuhan rumah sakit itu sendiri juga dapat memenuhi kebutuhan menuju RS tipe B.

Ia menambahkan, berdasarkan data SDM dokter umum dan dokter spesialis tahun 2020, kondisi saat ini ada sebanyak 29 orang. terangnya.

Khusus pelayanan dokter spesialis kulit dan kelamin di RSMA, sudah dimulai dibulan Januari ini, dan tentunya diharapkan keberadaan dokter ini dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat Sumbawa, dan bagi RSMA sendiri pelayanan akan dokter spesialis meningkat.

Dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) merupakan dokter yang fokus menangani beragam masalah pada kesehatan kulit dan kelamin, baik pria maupun wanita. Tidak semua masalah kulit dan kelamin bisa ditangani oleh dokter umum, sehingga peran dokter spesialis kulit dan kelamin sangat diperlukan.

Seorang dokter kulit dan kelamin memiliki pengetahuan dan keterampilan klinis untuk menangani penyakit kulit dan kelamin. Mulai dari menentukan diagnosa penyakit, hingga pemberian penanganan berupa obat-obatan. Ditempat berbeda Kabid Pelayanan RSMA dr. Herman juga menambahkan dengan adanya ketambahan pelayanan ini, bagi yang membutuhkan pelayanan dapat berobat di RSMA, dan tidak lagi harus berobat keluar daerah.

Kesempatan itu pula dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Ida Ayu Citra yang sempat diwawancarai, mengaku nyaman berada dan melayani pasien di RSMA Sumbawa Besar, walaupun keberadaannya belum begitu lama.

Untuk pasien, baru beberapa yang tahu, walaupun baru, saat ini dokter Ida sedang menangani 2 pasien rawat inap masing masing penderita penyakit kulit.

"Semoga dengan keberadaan saya di RSMA ini, masyarakat yang membutuhkan pelayanan pengobatan penyakit kulit dan kelamin dapat terbantu untuk penyembuhan, kemudian selain untuk melengkapi dokter spesialis di rumah sakit ini, juga diharapkan RSMA dapat meningkat menjadi rumah sakit tipe B. Tutup dokter ida. (SHK)
Komentar

Tampilkan

Terkini