SDN 4 Ampenan Galakan Bank Sampah Di Sekolah

Kasek SDN 4 Mataram, Hj. Mariani S.Pd (Jilbab Biru) di dampingi para guru.
Mataram (postkotantb.com)- Bank sampah menjadi upaya pengurangan jumlah sampah di sekolah sekaligus menjadi gerakan peduli lingkungan, hal ini yang diterapkan SDN 4 Ampenan kepada para siswanya. Dengan tujuan, menyadarkan siswa agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, dan apabila menemukan sampah di halaman sekolah, langsung memungut tanpa harus diperintah lagi. Demikian dijelaskan Kasek SDN 4 Ampenan Hj. Mariani S.Pd saat ditemui media ini, Rabu (18/2).

Menurut Hj. Mariani, untuk memotivasi siswanya agar semangat dalam mengumpulkan sampah, pihaknya menyediakan voucher belanja yang nantinya bisa ditukar oleh siswa dengan hasil sampah yang dikumpulkannya.

"Dari hasil sampah yang dikumpulkan itu bisa ditukar dengan Voucher, maka siswa bisa belanja di kantin sekolah dengan menggunakan voucher tersebut," ujarnya.

Selain membentuk bank sampah,  pihaknya juga melakukan kegiatan korohanian seperti imtaq, tujuannnya adalah untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti yang luhur, dan menciptakan pribadi yang berakhlakul karimah.

"Setiap hari Jum'at kita mengarahkan siswa untuk mengadakan pengajian,"jelasnya.

Lanjutnya, selain kerohanian pihak sekolah juga melakukan menerapkan program kesehatan jasmani dengan melakukan pembinaan dibidang olahraga.

Dari segi prestasi, SDN 4 Ampenan pernah meraih juara harapan I dalam lomba MTQ tingkat Kota Mataram di tahun 2019. (Lalu)