Fasilitas Internet Gratis di RTH, Permudah Kebutuhan Masyarakat


Sumbawa (postkotantb.com)- Masyarakat Kabupaten Sumbawa kini sudah bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis di lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Yakni di Taman Sahabat Brang Bara Sumbawa, yang telah terpasang fasilitas Internet gratis pada Selasa (11/2), dan baru bias diakses oleh masyarakat luas pada Senin (17/02) lalu.

Dilokasi tersebut merupakan bagian dari sepuluh titik fasilitas internet gratis, yang sebelumnya telah dilaunching oleh Bupati Sumbawa pada acara puncak HUT Kabupaten Sumbawa, 22 Januari lalu. Sepuluh fasilitas ini sendiri merupakan bantuan dari Telkom Witel NTB, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Sumbawa. Taman digital itu akan dibuka secara umum, mulai pukul 08.00 Wita hingga 21.00 Wita.

"Kita perlu tahu, di era sekarang ini anak-anak sudah sangat membutuhkan informasi lewat jaringan internet, oleh karena itu kami menyediakan fasilitas wifi gratis," jelasnya.

Terkait adanya internet gratis di wilayahnya, Ketua Taman Bacaan Masyarakat Kolong Jembatan “PERAHU KERTAS” Said Hasbullah  mengakui, masyarakat merasa sangat terbantu. Karena fasilitas tersebut tidak hanya digunakan kaum muda saja, namun juga oleh kelompok-kelompok masyarakat lain.
Seperti Dasawisma, kelompok industri rumahan dan kelompok lainnya, yang membutuhkan layanan internet guna mencari informasi, dalam rangka memperkaya kreativitas yang ingin dimiliki.

“Masyarakat sangat terbantu dengan akses internet gratis di RTH, terutama industri rumah tangga yang sekarang mulai mengembangkan produknya melalui media online. Kami bersyukur bahwa ruang publik telah dilengkapi dengan akses internet, sehingga masyarakat yang tadinya terbatas kemampuan untuk online menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan fasilitas ini sejalan dengan program-program yang ada di Kelurahan Brang Bara. Dimana program Kelurahan Brang Bara membutuhkan layanan internet dalam pengembangannya.

“Sangat sinkron. Kami juga sedang menggalakkan pemanfaatan limbah-limbahan organik yang masih bisa diolah. Dengan adanya internet gratis ini, masyarakat bisa mencari sendiri jenis-jenis kreativitas yang bisa ditiru dan dikembangkan di Brang Bara, sesuai dengan potensi yang dimiliki,” tambahnya.

Sementara Kepala Diskominfotik Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori mengatakan, fasilitas internet gratis tersebut dihajatkan untuk mendukung program Kabupaten Layak Anak, Gemar Membaca, Pariwisata, Kota Pintar termasuk untuk mendukung program-program yang ada di Kecamatan.

“Sejauh ini sepuluh lokasi akan dipasang fasilitas Wifi gratis,” tukasnya.

Adapun sepuluh lokasi tersebut yakni, Taman Alas, Taman Utan, Jempol, Taman Bacaan Arpusda, Taman Genang Genis, Taman Sahabat, Taman Mangga, Taman di Empang, Plampang, dan Taman Layak Anak di Bukit Permai. (SHK)