Cegah Penyebaran Covid-19, Distanak Loteng Akan Semprot Kandang Ternak Warga

Cegah Penyebaran Covid-19, Distanak Loteng Akan Semprot Kandang Ternak Warga

, Tuesday, March 17, 2020 WIB Last Updated 2020-03-17T09:24:21Z
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah Lalu Iskandar mengatakan akan melakukan penyemprotan disinfektan di kandang ternak milik warga

Lombok Tengah (Post Kota NTB)-Ancaman Virus Corona (Covid 19) mendapatkan perhatian yang serius dari masyarakat dan pemerintah, khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Cepatnya pola penyebaran virus tersebut membuat Kabupaten Lombok Tengah mengambil tindakan pencegahan.

"Covid 19 ini virus yang wujudnya lebih kecil dari bakteri. Penyebaranya juga cepat, baik melalu kontak fisik, maupun udara," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng, Lalu Iskandar Selasa, (16/03) saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, keputusan pemda untuk menghentikan sementara aktifitas pendidikan di beberapa sekolah, masih memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun bagi pihaknya, hal tersebut masih dalam batas kewajaran.

Khusus di lingkup dinas tersebut, ia mengaku akan mengambil langkah khusus untuk pencegahan Covid 19 dan targetnya adalah tempat-tempat peternakan ayam dan peribadatan. Sttock disinfektan yang masih ada masih tercukupi. "Jadi kami akan melakukan sosialisasi dan yang paling utama yakni, melakukan penyemprotan disinfekta menggunakan Hand sprayer, agar dapat mencegah Covid 19,"ujarnya.

Selain itu lanjut iskandar, pihaknya juga akan meningkatkan pembinaan kebersihan. Namun tidak seperti kegiatan sebelumnya. Kali ini, pihaknya akan melakukan kegiatan pembinaan melalui ketua kelompok. Kegiatan tersebut akan dilakukan segera mungkin.

"Ini sebagai langkah antisipasi kami, agar masyarakat terutama anggota kelompok peternak ayam,tetap merasa nyaman,"jelas Iskandar.

Di sisi lain, ia juga mengimbau khususnya kepada masyarakat peternak, agar selalu memperhatikan kebersihan kandang dengan menggunakan disinfekta yang direkomendasikan dinas, sebagai bentuk pencegahan kelompok tani,terhadap kemungkinan terjangkitnya virus.

"Antisipasi yang kami, lebih di titik beratkan kepada indifidu masyarakatnya, jadi lingkungannya harus bersih dan sterill. Ini langkah dan upaya kami mengantisipasi penyebaran covid 19. Terutama peternak ayam. Karena setiap hari peternak berkontak langsung dengan ayam," tutupnya.(rin)
Komentar

Tampilkan

Terkini