Pasien Covid-19 Dari Lunyuk Dan Aikmel Sembuh

Ilustrasi virus corona, foto/net

Mataram (postkotantb.com)- Perkembangan terbaru kasus covid-19 di NTB hingga Rabu 15 April 2020 tercatat tidak ada kasus baru, dan tidak ada kematian karena Covid-19.

Sementara kabar bahagia datang dari dua pasien covid-19 yang di nyatakan sembuh. Dari rilis yang di terima media ini, Sekda NTB HL. Gita Aryadi menyampaikan dua dua pasien yang sembuh dari Covid-19 yaitu:

• Pasien nomor 05, an. Ny. M, perempuan, usia 50 tahun, penduduk Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa, setelah hasil swab diperiksa dua kali keduanya negatif. Pasien masih dirawat di RSUD H.L. Manambai Abdulkadir Sumbawa untuk perbaikan kondisi dan direncanakan segera keluar rumah sakit;

• Pasien nomor 09, an. Ny. NM, perempuan, usia 28 tahun, penduduk Desa Toya, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, setelah diperiksa dua kali keduanya negatif. Pasien masih dirawat di RSUD R. Soedjono Selong untuk perbaikan kondisi dan direncanakan segera keluar rumah sakit.

Dengan bertambahnya pasien yang sembuh maka jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (15/4/2020) tetap sebanyak 41 orang, dengan perincian 7 (tujuh) orang sudah sembuh, 2 (dua) orang meninggal dunia, dan 32 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Semua pasien yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil laboratorium swab negative dua kali telah bebas dari Covid-19.

Lalu Gita mengatakan pasien yang sembuh tersebut tidak akan menulari masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tertular Covid-19 pada pasien yang telah sembuh serta mendukung pasien untuk melanjutkan perbaikan kondisi di rumah masing-masing sampai 14 hari setelah keluar rumah sakit.

"Masyarakat tidak perlu kawatir akan tertular, pasien yang telah sembuh dari covid-19 tidak akan menulari orang lain," jelas Lalu Gita.

Hingga press release ini dikeluarkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 183 orang dengan perincian 94 orang PDP masih dalam pengawasan, 89 orang PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 12 orang PDP meninggal. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 4.000 orang, terdiri dari 1.153 orang masih dalam pemantauan dan 2.847 orang selesai pemantauan.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 912 orang, terdiri dari 819 orang masih dalam pemantauan dan 93 orang selesai pemantauan. Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 34. 211 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 15.899 orang, dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 18.312 orang.(RZ)