211 Pasien Covid-19 Masih di Rawat, Grafik Pasien Yang Sembuh Semakin Tinggi

Juru bicara Satgas Covid-19 NTB I Gde Aryadi mengatakan grafik pasien covid-19 yang sembuh semakin meningkat

Mataram (postkotantb.com)- Trend kesembuhan pasien covid-19 di NTB grafiknya semakin meningkat. Tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan, kinerja tim medis dalam merawat pasien patut mendapat apresiasi.

Bahkan hingga hari Selasa (12/5) meski terdapat penambahan 5 kasus baru namun jumlah pasien yang sembuhpun meningkat. Tercatat hari ini sebanyak 9 pasien covid-19 do nyatakan sembuh setelah di lakukan dua kali uji swab yang hasilnya negatif.

Persentase kesembuhan pasien covid-19 juga bertambah dari 35 persen menjadi 36 persen lebih. Adapun total pasien covid-19 yang sembuh mencapai 126 orang. Dengan meningkatnya pasien sembuh tersebut secara otomatis jumlah pasien yang masih dalam perawatan juga menurun yakni sebanyak 211 orang dari total 344 kasus covid-19 yang terdata di NTB.

Menurunnya jumlah kasus baru covid-19 menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB yang juga Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Covid-19, Gde Putu Aryadi, S.Sos., M.H. makin tingginya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

"Jumlah pasien sembuh  Covid-19 sore ini tercatat 9 orang, sehingga total yang sembuh menjadi 126 orang atau 36,6 persen dari total jumlah kasus positif Covid-19 di NTB sebanyak 344 orang," ungkap Gde Putu Aryadi, S.Sos., M.H., di Mataram, Selasa (12/5).


Gde menambahkan penurunan temuan kasus positif Covid-19 baru tersebut, selain karena petugas all out bekerja tanpa lelah dan solid dalam membangun kolaborasi dan kerja sama antar sektor, juga  karena sebagian besar warga NTB menunjukkan semangat disiplin dan taat melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. Diantaranya selalu menggunakan masker, jaga jarak, lebih banyak dirumah dan sering mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi wajib menggunakan masker yang dilakukan di titik-titik keramaian oleh berbagai OPD pemerintah Provinsi dan Kota Mataram, bersama TNI, Polri dan Satpol PP  sejak kemarin dan hari ini ujar Gde Aryadi juga mulai menunjukan hasil. Sebagian besar masyarakat telah secara sadar menggunakan masker dalam aktivitasnya.

Namun ia juga tidak menampik masih ada ditemukan sebagian kecil dari warga masyarakat di pasar, lalu lintas di jalanan, di terminal dan tempat-tempat lainnya  yang belum menggunakan masker.

"Tapi itu hanya sedikit saja, namun langsung diberikan masker dan diberikan pemahaman oleh petugas," pungkas Gde.(RZ)