Program Khazanah Ramadhan Tahun ini di Gelar Secara Virtual

, Saturday, May 02, 2020 WIB Last Updated 2020-05-16T06:26:50Z
Program Khazanah Ramadhan ke 4 di gelar secara virtual

Mataram (postkotantb.com)- Pesona Khazanah Ramadhan merupakan agenda tahunan, dilaksanakan di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB, bekerjasama dengan  Dinas Pariwisata NTB dan Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi NTB. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan sejak Tahun 2017.

Pesona Khazanah Ramadhan yang ke-4 pada Tahun 2020  akan dilaksanakan secara berbeda. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah dalam memutus penyebaran virus covid 19. Dimana semua kegiatan Pesona Khasanah Ramadhan dilakukan secara Virtual /Online atau melalui  akun resmi sosial media  Islamic Center NTB pada Youtube (Islamic Center NTB), Facebook (Islamic Center Hubbul Wathan NTB), Instagram (islamiccenterntb) dan Zoom (ID Meeting : 989-147-5581. Password : 019066). Dan siaran langsung dari RRI Mataram.

Rangkaian kegiatan dari Pesona Khazanah Ramadhan Tahun 2020 adalah  sebagai berikut.

Opening Khazanah Ramadhan
Pembukaan Khazanah Ramadhan diselenggarakan secara virtual/online langsung dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat  yang diwakili , Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda NTB   Dra. Hj. Baiq Eva N.N. Parangan, M.Si  Hari Kamis , tanggal 30 April 2020.

Adzan Ramadhan
Adzan Ramadhan akan tayang live di setiap menjelang waktu sholat tiba. Adzan Ramadhan akan menampilkan background pariwisata Unggulan Lombok Sumbawa.

Ceramah Ramadhan membahas berbagai tema yang berbeda setiap harinya untuk menambah khasanaah keilmuan/keagamaan. Ceramah Ramadhan akan tayang/disiarkan 3 kali setiap hari yaitu :
Kajian Subuh pada pukul 05.30 wita s.d selesai
Dialog Ramadhan pada jam 12.30 (ba’da shalat Duhur) dan
Mauizoh Khazanah pada Pukul 20.30 – 21.00 wita.
Kegiatan ini disiarkan secara live melalui media social dan RRI Mataram dilaksanakan pada tanggal 1 Ramadhan  s/d 29 Ramadhan 2020.

Tadarus Qur’an
Tadarus Qu’ran yaitu program membaca Al-Qur’an dari Juz 1 sampai dengan Juz 30. Program ini dilaksanakan guna untuk mengganti bacaan sholat terawih satu hari satu juz, Tadarus dimulai setelah Mauizoh Khazanah selesai yaitu pukul 21.00  wita s.d. selesai.

Nuzulul Qur’an
Peringatan Nuzulul Quran setiap bulan Ramadan adalah peristiwa turunnya al-Quran atau diturunkan utuh dari Lauhul Mahfuzh di langit ketujuh menuju Baitul izzah. Nuzulul Quran biasanya diperingati pada tanggal 17 Ramadan atau sepuluh hari kedua Ramadan. Peringatan nuzulul qur’an ini dilaksanakan, pada tanggal 10 Mei 2020.

Ramadhan Berdzikir
Ramadhan Berdzikir yaitu program Berdzikir yang akan di laksanakan secara live, dimana pemberi tausiah dan pemimpin dzikir bisa berinteraksi/tanya jawab secara online. Program ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2020.

Kuliner Ramadhan
Kuliner Ramadhan yaitu program Kuliner yang akan tayang live menjelang Adzan Maghrib berbuka puasa. Program Kuliner Ramadhan, mengajarkan tutorial bagaimana membuat masakan atau takjil menu berbuka puasa. Program Kuliner akan keliling di setiap Chef di hotel yang ada di lombok.

Musik Ramadhan
Musik Ramadhan yaitu program Musik Religi yang akan tayang live sebelum berbuka puasa.
Program Musik ini bertemakan musik akustik religi yang akan di mainkan oleh group band. Program ini dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 7 mei 2020 dan 15 s/d 20 mei 2020.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini