-->

Terkini, Bupati Najmul Sampaikan Perkembangan Penanganan Covid-19

, Monday, July 20, 2020 WIB Last Updated 2020-08-17T14:18:35Z


Lombok Utara (postkotantb.com)- Melalu rilis yang diterima media ini, disampaikan oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar berbagai upaya yang telah dilaksanakan secara sinergis dan komprehensif oleh Pemda KLU bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran pandemi  virus corona.
"Upaya tersebut sebagai berikut:

a) Kegiatan Berkala dengan adaptasi kebiasaan baru, diantaranya, penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum di Kabupaten Lombok Utara, pengamanan dan pengecekan suhu tubuh di 3 kawasan perbatasan (Pusuk Pas, Klui Malaka dan Sambik Elen Bayan), monitoring Pelabuhan Bangsal terkait keluar masuknya masyarakat lokal dan wisatawan asing ke 3 Gili," papar Najmul saat penyampaian dalam rapat menyambut HUT KLU ke-12 pada Senin (20/7).
Dikatakannya untuk pengecekan suhu tubuh sekaligus memberi imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker.

"Kegiatan pengamanan dan penataan jarak lapak antar-pedagang di seluruh pasar di Lombok Utara. Pembagian masker serta sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona. Pemberian layanan kepada pasien positif Covid-19 dan ODP reaktif di Unit Layanan Karantina (ULK) secara teratur (layanan medis, layanan tempat, dan layanan kuliner bagi yang terdampak Covid-19). Pemberian sembako oleh Dinas Sosial kepada keluarga pasien yang reaktif dan positif Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan jenis bantuan lainnya sesuai dengan ketentuan," sebutnya secara rinci.

"Untuk penanganan dan pelayanan medis bagi pasien Covid-19 difokuskan di RSUD. Kini RSUD KLU sedang merawat 6 pasien kasus konfirmasi Positif Corona dan 1 orang lainnya dirawat di RSUD Provinsi NTB," sambungnya.

Najmul menyebutkan jumlah yang sudah RDT sebanyak 3.506 orang dengan hasil reaktif sejumlah 180 orang, dan nonreaktif sebanyak 3326 orang. Total RDT sebanyak 7.510 set. Saat ini ketersediaan RDT di Dinas Kesehatan masih tersisa sejumlah 4.004 set (pertanggal 19 Juli 2020).

"Perkembangan penanganan Covid-19 pertanggal 19 Juli 2020, dengan rincian : Kontak Erat 6 orang (isolasi mandiri), Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala 29 orang (isolasi mandiri), Kasus Suspek 11 orang (isolasi mandiri), Kasus Konfirmasi Positif Corona  55 orang, Sembuh 45 orang, masih dalam perawatan medis positif corona 7 orang (6 orang dirawat di RSUD KLU dan 1 orang lainnya dirawat di RSUD Provinsi NTB. Meninggal dunia 3 orang," ungkapnya.

Ia juga menyatakan kebijakan realokasi/refocusing anggaran membuat pogram/kegiatan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengalami pemangkasan. Program/kegiatan yang menyangkut kerja sama stakeholders mengalami pergeseran nyaris hingga 50%.

Pemkab. Lombok Utara hingga saat ini telah memperoleh penghargaan The Best Inovation On Disaster Rehabilitation Kategori Inovasi pada Rehabilitasi Penanganan Bencana Gempa dari Sindo Media Ajang IVL 2020 dan Opini WTP sebanyak 6 kali berturut-turut dari BPK RI (2014-2019) Kategori Pengelolaan Peuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara tahun 2019. (Eka)
Komentar

Tampilkan

Terkini