Breaking News

Bawaslu NTB Terima Dana Hibah Dari Tujuh Kabupaten/Kota Untuk Pilkada 2020

Kasek Bawaslu NTB Lalu Ahmad Yani membenarkan Bawaslu telah menerima 100 persen dana hibah untuk pilkada 2020
Mataram (postkotantb.com)- Tujuh daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2020 telah menuntaskan anggaran hibah pilkada 2020 untuk Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Tujuh kabupaten kota tersebut adalah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Dompu dan Kabupaten Bima.

Kepala Sekretaris (Kasek) Bawaslu Provinsi NTB Lalu Ahmad Yani yang di temui di ruang kerjanya, Rabu (5/8) membenarkan Bawaslu telah menerima 100 persen anggaran hibah untuk pilkada dari tujuh kabupaten kota. Adapun jumlah dana hibah kepada Bawaslu bervariasi sesuai dengan jumlah pemilih dan luas wilayah.

Lebih lanjut Ahmad Yani mengatakan dana hibah tersebut di peruntukan untuk dua hal yakni pembayaran honor pengawas serta pembelian Alat Pelindung Diri (APD) bagi pengawas.

"Iya tujuh kabupaten kota telah mengirim dana hibah ke Bawaslu, soal anggaran sudah tidak jadi masalah," ujar Lalu Ahmad Yani.


Meski telah mendapatkan dana hibah, namun anggaran yang di terima oleh Bawaslu masih kurang khususnya untuk menyediakan APD bagi pengawas. Dari tujuh kabupaten kota hanya dua daerah yang memenuhi kebutuhan APD bagi pengawas yakni Kota Mataram dan KS. Sementara lima kabupaten kota jumlah anggaran dari dana hibah ini tidak mencukupi untuk pengadaan APD.

"Setelah refocusing anggaran hanya dua daerah yang memenuhi anggaran untuk pengadaan APD, Kota Mataram dan KSB, lima daerah lainnya tidak mencukupi untuk biaya APD, kecuali Dompu, pemda nya menyatakan akan menyediakan APD bagi pengawas nanti," papar Ahmad Yani.

Ahmad yani menambahkan anggaran hibah yang diterima Bawaslu sebagian besar di gunakan untuk membayar honor petugas pengawas. Bawaslu NTB sendiri telah bersurat ke Bawaslu RI untuk membantu pengadaan APD bagi pengawas.

"Kita sudah bersurat ke Bawaslu RI membantu pengadaan APD, ini sangat penting, karena pencegahan penyebaran covid-19 ini penting, kita utamakan kesehatan," tegasnya.

Adapun rincian dana hibah yang di terima Bawaslu dari kabupaten kota yakni Kota Mataram Kota Mataram Rp.8,695,920,000, Kabupaten Bima Rp. 11,184,000,000, Kabupaten Dompu Rp. 5,075,000,000, Kabupaten Lombok Tengah Rp.7,450,000,000, Kabupaten Lombok Utara Rp. 4,100,000,000, Kabupaten Sumbawa Rp. 10,050,000,000, Kabupaten Sumbawa Barat Rp. 5,924,729,000.(RZ).

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close