-->

Ini Cara Kreatif SALAM Implementasikan Gerakan Pilkada Sehat di Kota Mataram

, Saturday, September 26, 2020 WIB Last Updated 2020-09-26T09:36:25Z

Mataram (postkotantb.com)- Calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram No. 2, Hj Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan (SALAM). terus berupaya nyata mendukung Gerakan Pilkada Sehat 2020 di Kota Mataram.

Tim Pemenangan SALAM akan bergerak mulai Sabtu (26/9) hingga sembilan hari ke depan untuk melakukan kampanye dan sosialisasi protokol kesehatan. Menggunakan 15 unit kendaraan roda tiga jenis Viar, para relawan akan membagikan masker dan handsanitizer ke kampung - kampung disemua kecamatan kota Mataram.

"Gerakan Tim SALAM ini menggunakan 15 unit roda tiga ke semua titik kawasan di enam kecamatan. Selain mengedukasi dan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19, SALAM  juga membagikan ribuan masker dan handsanitizer," kata Calon Walikota Mataram, Hj Putu Selly Andayani, Sabtu (26/9).

Menurutnya, jumlah masker dan handsanitizer yang akan dibagikan totalnya mencapai  7500. Di mana masing-masing roda tiga SALAM membawa 500 paket masker dan handsanitizer.

Tim SALAM juga akan menggelar flash mob, atau lelucon singkat yang menggugah perhatian publik di beberapa kawasan strategis Kota Mataram. Materi flash mob akan diisi dengan imbauan tentang mentaati protokol kesehatan menuju Mataram Zona Hijau

Hj Selly mengatakan, kegiatan Tim SALAM ini dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan bersama. Hal ini  sebagai bentuk dukungan kongkret SALAM bagi program gerakan Pilkada Sehat 2020.

"InsyaAllah ini bagian dari ikhtiar SALAM  meningkatkan  partisipasi warga  dalam pencegahan Covid-19 di Kota tercinta ini," imbuhnya.

Seperti diketahui Gerakan Pilkada Sehat 2020 merupakan program terpusat secara nasional terutama di daerah-daerah Kota dan Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun ini.

Mendagri Tito Karnavian juga beberapa kali meminta agar para calon kepala daerah, parpol, dan tim sukses paslon untuk terus menggelorakan Gerakan Pilkada Sehat 2020. Salah satu yang ditekankan adalah bagaimana tetap mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan pada saat tahapan Pilkada Serentak tahun ini. Sehingga Pilkada 2020 berlangsung dengan sukses dan kesehatan masyarakat tetap terjaga.

Sementara itu Calon Wakil Walikota, TGH Abdul Manan menambahkan, pasangan SALAM terus berkomitmen untuk Pilkada Sehat. Sebab, pesta demokrasi lima tahunan kali ini berjalan di saat pandemi.

"Perhelatan politik tetap berjalan, tetapi bagi SALAM kesehatan masyarakat juga harus menjadi fokus utama. Karena itu kami terus menerus dan tak bosan-bosannya untuk terus melakukan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan ini," tuturnya.

Sebelumnya, SALAM juga meluncurkan operasional tiga unit Ambulance Guru Dokter dan Psikolog Keliling (GuDek), yang juga akan bekerja untuk melayani aspek pendidikan dan kesehatan masyarakat di Kota Mataram. Ambulance GuDek juga melakukan kegiatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) termasuk melakukan fogging di lingkungan yang membutuhkan.

"Semua ikhtiar ini dilakukan SALAM untuk menjaga kesehatan warga Kota Mataram yang Berkah dan Cemerlang, agar terhindar dari Covid maupun penyakit lainnya," tandas TGH Manan.

*PDI Perjuangan bentuk Tim Penegak Protokol Kesehatan*

Sementara itu DPP PDI Perjuangan (PDIP) membentuk Tim Penegak Disiplin Partai yang akan bertugas menegakkan disiplin protokol kesehatan COVID-19 pada pelaksanaan Pilkada 2020. Tim ini akan bertugas memantau gerak-gerik calon kepala daerah yang diusung PDIP, termasuk tim suksesnya.

"Kekuatan utama Tim Penegak Disiplin justru terletak pada sosialisasi dan pencegahan. Kalau banyak penindakan, artinya fungsi sosialisasi dan pencegahan gagal," ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka rapat koordinasi khusus bidang kehormatan partai yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (25/9/2020) dikutip dari news.detik.com. (Eka)
Komentar

Tampilkan

Terkini