-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jumlah Kunjungan Wisata Mulai Didominasi Kalangan Milenial

    , Saturday, September 26, 2020 WIB Last Updated 2020-09-26T02:51:27Z

    Destinasi Wisata Air Terjun Segenter, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada
    (foto:media merahputih.com)
     


    Lombok Barat,postkotantb.com- Usai penataan estetika yang digagas Balai Tahura Nuraksa, destinasi wisata Air Terjun Segenter mulai digemari wisatawan lokal. Dimulai dari kegiatan pembersihan kawasan hingga penataannya, destinasi ini kerap ramai dan sebagian besar dari jumlah pengunjung, rata-rata remaja milenial.


    Terlebih menjelang senja dan akhir pekan, baik dari kalangan siswa-siswi maupun kalangan mahasiswa, silih berganti memasuki areal wisata sembari mencari spot untuk berselfie bareng.


    “Kami sengaja menata kawasan ini, karena berpotensi sebagai salah satu lokasi wisata di kabupaten Lombok Barat. Kami yakin, lokasi wisata ini akan membantu pemerintah daerah untuk menambah pendapatan daerah,”ujar Kepala Balai Tahura Nuraksa, Samsyah Samad, S. Hut, M. Si, Jumat (25/9).


    Sekitar 5 meter tepat di depan air terjun, telah disiapkan lokasi tongkrongan dilengkapi barisan potongan kayu jenis Gaharu sebagai tempat duduk dan tempat istirahat serta kolam renang buatan yang disiapkan khusus untuk pemandian anak-anak. Di tongkrongan ini, para pengunjung dapat melakukan selfie, karena viewnya langsung mengarah ke pemandangan air terjun, berhiaskan tanaman pakis dan tumbuhan alam lainnya.


    Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya juga telah melakukan perbaikan tekstur lahan berupa perataan tanah yang berbukit, pada bagian atas lokasi. Tempat itu sengaja disiapkan untuk menjadi lokasi penempatan berugaj sekepat, sebanyak 2 unit.


    Selain penataan estetika, penataan lokasi untuk lahan parkir juga tengah disiapkan, mengingat begitu padatnya jumlah kendaraan yang memasuki kawasan itu.“Begitu padatnya kunjungan sehingga lahan parkir yang lama sudah tidak memadai. Jadi kami siapkan pula lahan parkir baru demi mengantisipasi banyaknya kendaraan,”imbuhnya.


    Di tempat berbeda, Koordinator Humas, Eko Budi Santoso Mengaku,  anggaran yang digunakan untuk menata kawasan tersebut, terbilang sedikit, akibat kondisi pandemi Covid 19. Untuk itu, pihak Tahura menyelesaikan polesan estetika di kawasan tersebut melalui sistem padat karya. Di lain sisi, Ia memberikan apresiasi terhadap kinerja masyarakat yang bahu membahu menata kawasan itu.


    “Kami berterimakasih kepada masyarakat yang mau membantu kami menyelesaikan penataan kawasan Air Terjun Segenter.,” ungkap Eko.


    Diharapkan, jalinan silaturahmi bersama masyarakat tetap harmonis, demi mendukung perkembangan kawasan wisata air terjun tersebut. Menurut rencana, pengelolaan lokasi itu kedepannya akan diserahkan kepada masyarakat.


    “Insya Allah, pihak Balai Tahura Nuraksa akan melibatkan masyarakat untuk mengelola wisata air terjun. Ini kami hajatkan demi memperlancar lajur perekonomian masyarakat lokal,”tutupnya.(rin) 

     

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini