-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kemensos Melalui Balai Lansia Gau Mabaji, Berikan Bantuan Ke Lansia Korban Kebakaran di Lombok Utara

    , Monday, October 05, 2020 WIB Last Updated 2020-10-05T11:46:32Z
    Tin Balai Lansia Gau Mabaji Kemensos berikan bantuan ke lansia korban kebakaran di KLU
    Lombok Utara (postkotantb.com)-
    Kemensos RI melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) "Gau Mabaji" di Gowa sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial mengirimkan tim Respon Kasus dalam memberikan perlindungan terhadap lanjut usia  korban bencana kebakaran.

    Musibah kebakaran ini terjadi di Dusun Kendang Galuh, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara pada Sabtu (3/10/2020) malam. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu rumah warga yang pemiliknya sedang tidak berada di tempat.

    Kejadian ini menyebabkan hangusnya 20 unit rumah penduduk serta satu mushola. Selain itu, sedikitnya 101 kepala keluarga yang terdiri dari 270 jiwa terdampak kebakaran harus mengungsi ketempat yang lebih aman. Dari korban terdampak kebakaran diketahui terdapat juga kelompok rentan yaitu 15 orang lanjut usia, 45 bayi serta 35 anak.

    Mengetahui berita tersebut, tim Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa yang sedang melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Bantuan Sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES-LU) di Kota Lombok Tengah segera menuju lokasi terjadinya kebakaran yang berada di Kabupaten Lombok Utara.

    Melalui hasil pendataan dan koordinasi tim respon kasus yang selanjutnya dilakukan _case conference_ (pembahasan kasus) di lokasi kebakaran, tim Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa membantu memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi lanjut usia korban kebakaran.

    Bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, ikan kaleng, susu kental manis, mie instan dan gula pasir.

    Plt Bupati Lombok Utara, Sarifuddin hadir dalam kegiatan pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia korban kebakaran dan menyampaikan terimakasihnya kepada Kementerian Sosial yang telah memperhatikan lanjut usia terdampak.

    “Saya mewakili lansia korban kebakaran menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa yang telah memberikn bantuan dalam masa tanggap darurat bencana kebakaran ini” Kata Sariffudin.

    Syam Wuryani, Kepala Balai Lansia “Gau Mabaji” mengatakan, dalam pemberian pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia korban kebakaran ini harus dikaitkan dengan sistem sumber terdekat, salah satunya melalui LKS-LU sebagai pemberi layanan berbasis komunitas dalam implementasi program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI)” Ujar Yani dalam sambutannya.

    Pada kesempatan ini, tim didampingi oleh Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Fitriah dan Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia, Siti Eny Chaerany, Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara, Faisol Mangkualam, Kepala Desa Sigar Penjalin, Zawir dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU).

    Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat mengurangi beban bagi lansia korban kebakaran dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, bantuan ini juga merupakan bentuk HADIR nya negara dalam memberikan perhatian terhadap lansia.(RZ)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini